Serah Terima Barang Bukti Gading Gajah Dan Tanduk Rusa

NUNUKAN – Telah diamankan seorang wanita beserta anaknya oleh petugas Bea dan Cukai Nunukan pada hari jumat 13 Januari 2017 jam 13.30 wita, yang bersangkutan diamankan karena pada saat barang bawaannya di scan di X-ray Bea dan Cukai Nunukan terdapat gading gajah sebanyak 5 (lima) potong (3 panjang, 2 patahan).
Selanjutnya gading gajah bersama pemiliknya di bawa ke kantor Bea dan Cukai untuk di data, setelah di data barang bukti dan pemilik di serahkan kepada pihak Balai Karantina Pertanian kelas II Tarakan Wilker Nunukan.
Adapun identitas yang diamankan, M.R(WNI), R.P, 01 Mei 1980, Malysia(sandakan) dan saudari A, sandakan 21 mei 2014, Malysia(sandakan).
Kronologis Saudari M.R mendapatkan gading gajah tersebut, Pada tanggal lupa bulan Desember tahun 2016, bertempat di Malaysia saudari M.R membeli 5 potong gading tersebut dari orang daerah Tempatan (Malaysia) seharga RM 350 ( Rp. 1.050.000,-) dengan maksud gajing gajah tersebut akan di bawa ke flores untuk mas kawin.
Selanjutnya pada hari jumat tanggal 13 Januari 2017, yang bersangkutan berangkat ke Nunukan dengan menumpang kapal resmi Km. Malindo, yang sedianya saudari M.R akan berangkat ke flores naik angkutan laut kapal Pelni KM.LAMBELU pada hari sabtu tanggal 14 januari 2017 Dan Saat ini barang bawaan berupa gading gajah sebanyak 5 potong disita oleh petugas Karantina Wilker Nunukan.
Menindak lanjuti penyitaan gading gajah tersebut, Pada hari selasa 24 januari 2017 jam 15.00 wita bertempat di kantor Balai Karantina Pertanian  Wilker Nunukan jl. Tien Suharto, telah diserah terimakan  5 potong gading gajah dan 2 pasang tanduk Rusa dari BKP kelas II Tarakan saudara Amril, S.Sos. MM (kepala Balai Karantina Pertanian) kepada BKSDA saudara Aganto Seno (Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Kalimantan Timur) serta Personil Polsek KSKP melaksanakan pengamanan penyerahan barang bukti tersebut.
Hadir dalam kegiatan penyerahan tersebut, Max Karel Rory ( Kepala Bea dan Cukai NNK), Bripka Supriadi (mewakili kapolsek KSKP), Yadi Mulyadi (Polhut BKSDA Kaltim), Bahari Tao H. (BKSDA), M. Mahzum ( Bea dan Cukai), Drh. Sapto h (karantina), Mustamin (Karantina).
Kegiatan penyerahan  berjalan lancar, aman dan tertib, tutup Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password