Polri Buka Penerima Akpol 2017, Siap Siap Mendaftar bagi Lulusan SMU

POLDAKALTIM.COM,- Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kembali membuka pendaftaran bagi lulusan SMU/sederajat yang ingin berkarir dan mengabdi sebagai aparat kepolisian melalui jenjang Akademi Polisi (Akpol) tahun 2017. Pendaftaran Taruna Akpol dilakukan dengan system online mulai 14 Maret 2017 hingga 18 April 2017 mendatang.

“Ini kesempatan bagus buat adik-adik pelajar SMU atau yang sederajat. Apalagi bagi pelajar kelas III SMU yang kini mau lulus, bisa menjadikan pilihan untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Silakan nanti melakukan pendaftaran secara online. Namun, apabila masih ada yang ingin ditanyakan langsung, bisa datang ke Polda Kaltim, bisa pula melalui beberapa media sosial Polda Kaltim,” kata Kabidhumas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana, Minggu (29/1/2017).

Untuk mendaftar sebagai Taruna Akpol ada persyaratan umum dan khusus. Untuk persyaratan umum antara lain harus warganegara Indonesia; beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945; pendidikan paling rendah SMU / sederajat;  usia min 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota polri); sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan); tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dari polres setempat; berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela; lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota kepolisian.

“Untuk persyaratan khusus cukup banyak, dan nanti bisa dilihat secara oline ketika pendaftaran sudah dibuka,” kata Ade Yaya.

Ade Yaya mengakui dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, banyak  calon taruna Akpol yang tidak lolos karena aturan administrasi, maupun saat dilakukan tes intelektual, fisik hingga psikologis. Banyak yang belum mengetahui ketentuan dasar syarat pendaftaran untuk menjadi taruna Akpol.

“Untuk itu, kami telah melakukan jemput bola ke sekolah-sekolah di Kaltim dan Kaltara. Anggota kami di Polres-Polres setempat sudah diterjunkan untuk melakukan sosialisasi,” jelas Ade Yaya.

Pendaftaran Masuk Akpol Tidak Dipungut Biaya

Ketika ditanya tentang biaya pendaftaran, Kabid Humas Polda Kaltim ini menegaskan dalam pendaftaran hingga pelaksanaan tes masuk menjadi Akpol ini tidak dipungut biaya sepersen pun.

“Gratis, tidak ada biaya sepersen pun untuk tes masuk. Kami juga mengimbau kepada masyarakat, apabila ada anggota kami yang menjanjikan bisa meloloskan dalam penerimaan anggota Polri, laporkan kepada kami,” tegas Kabid Humas Ade Yaya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password