Kapolres PPU Pimpin Apel Kesiapsiagaan, Amankan Aksi Damai Aliansi Masyarakat dan Ormas Tolak FPI

poldakaltim.com  Penajam Paser Utara – Kepolisian Resor Penajam Paser Utara menggelar apel kesiapsiagaan dalam rangka mengamankan aksi penyampaian aspirasi aliansi masyarakat dan organisasi masyarakat Kabupaten PPU yang menolak Front Pembela Islam (FPI) dan aliran yang bersifat radikal (keras) diwilayah Kabupaten PPU pada hari Rabu (01/02/2017) pukul 08.00 Wita bertempat di halaman Mapolres Penajam Paser Utara.

Apel kesiapsiagaan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres PPU AKBP Teddy Ristiawan, SH, SIK, MH dan diikuti oleh para Kabag, Kasat, Kapolsek serta ratusan Anggota Polres Penajam Paser Utara.

Dalam arahannya, AKBP Teddy Ristiawan, SH, SIK, MH menekankan kepada seluruh Anggota bahwasannya dalam pelaksanaan pengamanan aksi penolakan FPI kita kedepankan sikap humanis dengan mematui Protap ataupun SOP dalam penanganan aksi unjuk rasa. Pada saat kegiatan pengamanan saya harap apapun yang terjadi seluruh Anggota tidak terpancing melakukan tindakan-tindakan yang justru menjadi pemicu apabila ada benturan dengan kita nantinya. Setiap tindakan yang dilakukan harus sesuai dengan perintah saya dilapangan.

Ditemui usai memimpin Apel kesiapsiagaan, AKBP Teddy Ristiawan mengatakan apel kesiapsiagaan pasukan dimaksudkan untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana Polri sebelum di terjunkan ke lapangan. Adanya aksi unjuk rasa dalam pandangannya merupakan cermin kehidupan berdemokrasi yang terbangun di Indonesia. Dimana telah diberikan ruang kebebasan bagi masyarakat untuk berserikat, berkumpul dan menyampaikan pendapat yang dijamin oleh konstitusi, serta diberikan hak untuk berunjuk rasa menyampaikan pendapat di muka umum.

Lebih lanjut,  Kapolres PPU mengatakan pengamanan sendiri akan melihat situasi di lapangan, tentunya menyesuaikan dengan kondisi di lapangan. Namun, akan dilakukan pengamanan mulai dari titik kumpul, sampai dengan lokasi penyampaian orasi hingga saat massa membubarkan diri kita laksanakan pengawalan hingga mereka pulang ataupun membubarkan diri dengan aman.

ditempat terpisah Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana menuturkan ” pengamanan yang no 1, kita tidak mau kecolongan, masyarakat yang melakukan aksi harus tertib” tutup Kombes Pol. Ade Yaya Suryana.

Humas Polda kaltim*

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password