Patroli Elit Sat Sabhara Guna Menjaga Kamtibmas

Tanjung Selor – Kepolisian Resor Bulungan membentuk pasukan Patroli Elit dari jajaran Kesatuan Samapta Bhayangkara (Sabhara). Pembentukan pasukan elit ini ditujukan untuk mengatasi segala macam permasalahan dengan intensitas kerawanan tinggi, termasuk mencuatnya isu gerakan radikalisasi terorisme di wilayah Hukum Polres Bulungan.

Kapolres Bulungan AKBP Ahmad Sulaiman menambahkan, pasukan patroli elit Sabhara ini telah dibekali dengan kesiapan personel terhadap tugas-tugas khusus yang menjadi atensinya. Seperti preemtif, preventif, serta penegakan hukum atau refresif. Selain melaksanakan Patroli, pasukan patroli elit sabhara siap siaga untuk di BKO kan apabila terjadi kerusuhan di wilayah hukum Polres Bulungan.

Ia menilai sekarang ini yang sering terjadi diantara tugas preemtif dan preventif terkadang langsung memberlakukan penegakan hukum. Berbeda untuk pasukan elit Sabhara ini, bertugas menjembatani dalam penindakan pertama mengamankan area. Termasuk kalau seandaianya ada kegiatan teroris di suatu wilayah.

Selain itu, ditempat terpisah Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryanaini menambahkan, pasukan elit Sabhara juga memiliki kemampuan Binmas (Pembinaan Masyarakat), kemampuan Lalulintas dan Pendalaman Masyarakat (Dalmas). Termasuk memilik kemampuan untuk melakukan pemberkasan pada Tindak Pidana Ringan (Tipiring).

“Karena itu pasukan elit Sabhara ini bisa dikatakan sebagai polisi dengan tugas umum. Memiliki minimal 9 kemampuan penindakan hukum yang dibekali,” ucap Ade Yaya Suryana.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password