Penerimaan Polri 2017 di Kaltim: 94 Casis Akpol Mulai Jalani Pemeriksaan Kesehatan Tahap I

Poldakaltim.com, BALIKPAPAN,-Panitia Daerah (Panda) Kaltim penerimaan Polri 2017 pada Selasa (25/4/2017) mulai menjalani tes kesehatan (Rikes) Tahap I terhadap 94 calon siswa (casis) dari jalur Akedemi Polisi (Akpol) di Ruang Mahakam, Mapolda Kaltim, Jl. Syarifuddin Yoes, Balikpapan.

Sebelum memulai pemeriksaan secara detail terhadap para casis, Kabid Dokkes Polda Kaltim Kombes Pol Triawan Marsudi bersama Tim Pemeriksa memberikan arahan kepada casis yang akan menjalani tes Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) Tahap I. Dalam arahannya Kabid Dokkes selaku Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan mengatakan, agar seluruh casis mengikuti segala aturan dalam sistem rikkes pertama ini.

Dalam pemeriksaan kesehatan tahap awal yang dipusatkan di Ruang Mahakam Mapolda Kaltim itu, para peserta tampak memakai kaos dan celana pendek warna putih-putih, dengan tertip antre untuk menjalani pemeriksaan oleh tim pemeriksa dari berbagai bidang tes.

Kepada tim pemeriksa kesehatan, Kabid Dokkes juga memberikan arahan sebelum memeriksa para casis. Tim diminta agar selalu memegang prinsip Betah dan mencatat setiap kekurangan atau penyakit yang diderita oleh casis. “Hasil dari pemeriksaan ini nantinya akan diberikan kepada casis-casis yang gagal atau TMS (Tidak Memenuhi Syarat). Sebagai bukti keterbukaan pemeriksaan ini, dimana kekurangan casis itu,” kata  Kombes Pol Triawan Marsudi.

Sementara itu, Karo SDM Polda Kaltim Kombes Pol Sri Eko Pranggono mengimbau agar casis percaya diri. “Berusaha dan berdoa.  Jangan pernah percaya terhadap oknum-oknum yang menjanjikan lulus dengan imbalan uang. Memenuhi syarat atau Tidak Memenuhi Syarat itu semua berdasarkan kualitas dari casis sendiri,” katanya.

Suasana pemeriksaan di Ruang Mahakam tampak dipenuhi oleh para casis sejak pagi hingga sore hari menunggu giliran pemeriksaan. Pada pemeriksaan Kesehatan tahap 1, meliputi : bentuk kepala, bentuk kaki (normal, X atau O), bentuk telapak kaki, varikokel, varices, ambeien, THT (Telinga, Hidung dan Tenggorakan). Panitia juga akan melakukan pengecekan Tekanan Darah (normal, darah rendah atau darah tinggi), tes nadi (per menit), pengukuran tinggi dan berat badan, dan tes kesehatan mata.

Menurut Karo SDM Polda Kaltim, hasil pemeriksaan kesehatan tahap I terhadap 94 casis yang terdiri dari pria  88 orang dan wanita 6 orang akan diumumkan pada malam ini juga. “Ini sesuai dengan arahan dari Bapak Kapolda Kaltim. Jadi malam ini juga akan kami umumkan hasilnya,” katanya.

(Humas Polda Kaltim)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password