Pelayanan prima Satbrimob Polda Kaltim

Balikpapan – Tak bisa dipungkiri kehadiran polisi di tengah masyarakat telah melahirkan komunitas dan pemahaman betapa polisi menjadi sahabat dan memberikan pelayanan terbaik bagi warga masyarakat. Polisi didesain dalam Pasal 30 Ayat (4) UUD 1945 sebagai aparat penegak hukum yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Dalam menjaga kamtibmas, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) diberi tugas melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, serta menegakkan hukum. Itulah tugas konstitusional polisi yang kemudian teknik pelaksanaan tugas dan wewenangnya diatur dalam UU Nomor 2/2002 tentang Polri.

Brimob sebagai fungsi operasional kepolisian bertugas untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, hal ini dilaksanakan oleh Satbrimob Polda Kaltim dalam hal pengawalan terhadap kas keliling Bank Indonesia (BI). Kegiatan ini rutin dilakukan sebagai bentuk pelayanan prima untuk menjamin lancar nya kegiatan usaha perbankan dan masyarakat. Selain memberikan rasa aman, personil Satbrimob juga memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ingin menukarkan uangnya kepada kasir Bank Indonesia (BI) dengan memberikan nomor antrian dan data penukaran.

Hal ini juga untuk mencegah atau meminimalisir tindak kejahatan yang menyasar kepada objek vital yang berada di wilayah hukum Polda Kaltim. Personil Satbrimob Polda Kaltim yang terlibat pengawalan dilengkapi dengan surat perintah dan perlengkapan perorangan seperti senjata,helm dan rompi anti peluru sebagai Standart Operational Procedure dalam pengawalan objek orang dan uang.

Selain sebagai pengaman dan pelayanan, Personil Satbrimob yang terlibat pengawalan Kas keliling Bank Indonesia (BI) juga menghimbau kepada masyarakat yang menukarkan uangnya melalui Kas Keliling Bank Indonesia (BI) agar tidak terlalu vulgar saat membawa uang dijalan dan diminta untuk tidak sendirian atau mintalah saudara atau teman untuk menemani saat mengambil atau menukarkan uang ke kas keliling atau Bank guna meminimalisir tindak kejahatan.

Ditempat terpisah saat ditemui Tim PID, Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Heri Heryandi, S.I.K menegaskan “bahwa untuk mencegah aksi kejahatan terhadap para nasabah Bank, di himbau kepada warga masyarakat agar lebih berhati – hati saat mengambil / menyetor uang di Bank,maupun pada saat menukarkan uang di Kas Keliling serta melaporkan hal-hal yang mecurigakan dan jangan ragu – ragu untuk meminta bantuan kepada Polri khususnya Satbrimob Polda Kaltim” tuturnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password