Tes Psikologi Casis Akpol di Panda Kaltim Diikuti 39 Orang, 1 Tidak Hadir

Poldakaltim.com, BALIKPAPAN,- Tes psikologi dalam tahapan proses penerimaan Polri 2017 bagi calon siswa (casis) yang digelar pada Jumat (12/5/2017) pagi ini sejak pukul 06.30 Wita di Rupatama Mako Polda Kaltim diikuti 39 casis Akpol. Sementara di wilayah Kaltara, diikuti oleh 6 casis bertempat di Gedung Tri Eka, Tarakan.

Tes psikologi yang dipimpin oleh Kabag Psikologi AKBP Widodo diawali dengan membuka soal dalam bentuk CD yang masih disegel, dan harus meminta password khusus untuk membukanya menjelang pelaksanaan tes oleh Panda Kaltim kepada Panitia Pusat penerimaan Polri 2017. Setelah soal dalam CD bisa dibuka, lalu digandakan sesuai jumlah peserta dan langsung dibagikan untuk dimulai pengerjaannya secara serentak.

Pada saat ini para peserta sebanyak 39 casis tampak serius mengerjakan soal-soal yang telah dibagikan. Sementara itu Panitia melakukan pemantauan terhadap para peserta, agar pelaksanaan tes psikologi berlangsung tertip dan lancar.

“Seharusnya yang hadir 40 orang, tetapi ada satu orang yang tidak bisa hadir. Jadi hanya 39 orang saja yang mengikuti tes psikologi hari ini, khususnya jalur Akpol di Panda Kaltim,” kata AKBP Widodo.

Ujian Psikologi meliputi aspek-aspek sebagai berikut : faktor kecerdasan, kecerdasan umum, kemampuan praktis, kemampuan verbal, kemampuan abstrak. Faktor kepribadian terdiri dari: prososial, pengendalian diri, penyesuaian diri,  kepercayaan diri. Faktor minat: prosedural; pelayanan sosial; adil; kebenaran; demokratis, humanisme. Sikap kerja: kecepatan, daya tahan, dan ketelitian.

Sementara dalam tes psikologi ini menggunakan sistem penilaian dalam skala 0 sampai 100 dengan kategori sebagai berikut: 0 – 40   : Kurang sekali; 41 – 60: Kurang; 61 – 80: cukup; 81 – 100 : Baik.

Nilai psikologi dinyatakan memenuhi syarat (MS) adalah 61 ke atas, dan tidak memenuhi syarat (TMS) adalah 60 ke bawah.

(Humas Polda Kaltim)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password