Bripda Heri Darwanto Mengisi Waktu Senggang dengan Mengajar di SD Trurich

Tana Tidung – Anggota Brimob Batalyon C Pelopor, Bripda Heri Darwanto mempunyai aktivitas baru selama bulan ramadhan ini. Lulusan Bintara Tahun 2013 ini memiliki tugas tambahan yaitu mengajar di salah satu Sekolah Dasar Desa Sesayap.

Tidak hanya menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat, Bripda Heri membantu mengajar siswa SD Swasta Trurich yang terletak di Desa Sesayap Kecamatan Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung.

Keterlibatan Heri sebagai tenaga pengajar ini karena keprihatinannya terhadap minimnya tenaga pendidik di sekolah dasar tersebut. SD Trurich hanya memiliki empat orang guru dan 65 Murid yang terdiri dari kelas 1 sebanyak 22 orang, kelas 2 sebanyak 35 orang, dan kelas 3 sebanyak 8 orang.

“selama bulan ramadhan ini saya punya aktivitas baru yaitu berbagi ilmu dengan adik-adik di SD Trurich Sesayap Hilir,” jelas singkat Heri kepada Tim PID Batalyon C Pelopor.

Dalam mengajar, Bripda Heri memberikan materi membaca, berhitung, menulis, hingga bercerita berbagi pengalaman kepada para siswa. Dia juga memberi masukan kepada pihak sekolah dalam pembuatan perpustakaan, dengan menyediakan buku-buku sebagai bacaan siswa dan masyarakat setempat.

“apa yang dilakukan oleh anggota kami ini merupakan bentuk kepedulian terhaadap saudara-saudara kita yang berada di pedalaman dan perbatasan,”ungkap Danyon C Pelopor AKBP Henzly Moningkey, S.I.K, M.Si

AKBP Henzly menambahkan bahwasanya banyak sekali hambatan siswa-siswa SD Swasta Trurich ini dalam menempuh perjalanan menuju sekolah. Mereka harus menempuh waktu kurang lebih 1,5 jam dengan menumpang truck.

“mereka berangkat ke sekolah dengan menumpang truck selama kurang lebih 1,5 jam. Waktu ini belum termasuk jika terjadi cuaca hujan yang menyebabkan jalanan rusak,”tambah AKBP Henzly Moningkey.

Di tempat terpisah, Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Heri Heryandi, S.I.K mengatakan bahwasanya apa yang dilakukan anggotanya tersebut merupakan salah satu program Polri untuk membantu masyarakat yang tinggal di pedalaman dan perbatasan. “giat mengajar ini merupakan program dari Polri untuk membantu anak-anak terutama yang tinggal di pedalaman dan perbatasan agar mereka dapat berkembang sama halnya anak-anak lainnya.” Jelas Kombes Pol Heri Heryandi.

Untuk diketahui, Jadwal mengajar Bripda Heri menyesuaikan dengan tugas pokoknya sebagai anggota Brimob yang kebetulan sedang melaksanakan patroli sambang warga. Jika memiliki waktu senggang saat puasa, Bripda Heri Darwanto mengisinya dengan ikut membantu mengajar siswa.

“saya berharap apa yang dilakukan anggota kami ini dapat bermanfaat bagi anak-anak di perbatasan.” Tutup Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Heri Heryandi. (ries/jnb)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password