Polres Balikpapan Berhasil Amankan 2 Pemilik Akun Medsos Gara-gara Postingan Gangster Hoax

Poldakaltim.com, BALIKPAPAN,— Dua pemilik akun media sosial di Balikpapan, IF (18) dan WH (17) berhasil diamankan jajaran Polres Balikpapan, Polda Kaltim karena diduga menyebarkan berita hoax atau berita bohong tentang adanya aksi gangter yang memukuli anak sekolah di kawasan Mal Fantasi-Pasar Segar Balikpapan.

Kapolres Balikpapan AKBP Jeffri Dian Juniarta SH, SIK dalam penjelasannya yang diterima Poldakaltim.com mengatakan, apa yang telah dilakukan pihaknya guna menindaklanjuti postingan salah satu IG @info_balikpapan yang beberapa jam lalu beredar di jejaring maya berkaitan dengan aksi gangster dan begal yang terjadi di beberapa wilayah di Kota Balikpapan dan telah membuat resah warga Balikpapan, Dan perlu diketahui bahwa pihak Polres Balikpapan dan polsek jajaran sampai saat ini tidak pernah menerima laporan terkait hal tersebut dan pihak keamanan melakukan penyelidikan di lapangan untuk meminta keterangan dari warga di sekitar lokasi dan tidak menemukan adanya kejadian yang dimaksud.

”Dan saat ini unit Reskrim Polsek Balikpapan Selatan sudah mengamankan dan melakukan pemeriksaan terhadap 2 orang pemilik akun yang memposting berita atau informasi tersebut yakni IF (18) warga Baru Ilir Balikpapan Barat dan WH (17) warga Baru Ulu Balikpapan Barat,” kata AKBP Jefri Dian Juniarta.

Dijelaskannya, dari hasil pemeriksaan, keduanya mengaku tidak pernah melihat langsung kejadian tersebut dan hanya menerima berita atau informasi dari grup sekolah dan tanpa pikir panjang langsung memposting di medsos. Sampai berita ini diturunkan keduanya masih diperiksa secara intensif di Polsek Balikpapan Selatan.

“Kami menghimbau kepada warga maupun Admin dan pemilik akun Medsos yang ada di Balikpapan agar melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada sumber informasi sebelum menyebarkannya kembali dan jangan sampai berita yang kita sebarkan adalah berita bohong (hoax) dan bisa menimbulkan keresahan bagi masyarakat, serta pedomani selalu UU No. 11/2008 tentang ITE,” kata Kapolres Balikpapan.

Kapolres Balikpapan berpesan, untuk permasalahan keamanan Kota Balikpapan, pihaknya mohon doa dan dukungannya. “Kami akan berupaya siang dan malam untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada warga Balikpapan,” katanya, sembari menambahkan “tetap waspada terhadap pelaku tindak kejahatan, dan apabila mengalami tindak kejahatan langsung lapor ke polisi terdekat. “Kami memang belum sempurna, namun kami akan selalu berusaha,” tambahnya.

Sebagai tambahan informasi, saat ini aparat kepolisian Polres Balikpapan tengah mencari satu orang teman dua remaja yang telah diamankan, yaitu AL. “Rencananya Admin Medsos yang ikut merepose (menyebarkan ulang), juga akan dipanggil ke Polsek Selatan, untuk dimintai keterangan,” kata salah satu petugas di Polres Balikpapan.

(Humas Polda Kaltim)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password