Penerimaan Polri 2017: Lolos ke Seleksi Tahap Akhir, 49 Casis Tamtama dan Bintara Kaltara Tiba di SPN Balikpapan

Poldakaltim.com, BALIKPAPAN, – Sebanyak 49 calon siswa (casis)  Tamtama dan Bintara baik pria maupun wanita pengiriman dari Kaltimantan Utara pada Rabu (14/6/2017) siang tiba di Sekolah Polisi Negara Polda Kaltim untuk mengikuti seleksi penentuan terakhir.

Menurut Karo SDM Polda Kaltim Kombes Pol Drs. Sofyan Nugroho melalui Kasubbag Dalpers Rosdm Polda Kaltim AKBP Anggie Yulianto, para casis asal Kaltara ini akan bergabung dengan casis dari Kaltim untuk mengikuti tes Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) akhir di Mapolda Kaltim, Kamis (15/6/2017). Rencananya para casis yang lulus akan mulai mengikuti pendidikan pada bulan Agustus mendatang, dan pendidikan berlangsung selama 7 bulan.

“Semoga berhasil dan menjadi polisi yang dapat diharapkan bangsa dan negara serta masyarakat,” katanya.

Para casis ketika tiba di SPN Polda Kaltim, di Balikpapan.(foto: poldakaltim.com)

Karo SDM Polda Kaltim menjelaskan, setelah tes pemeriksaan rikmin akhir, akan dilakukan supervisi dari Mabes Polri dan sidang terbuka atau pengumuman kelulusan. Dalam tes pemeriksaan rikmin materi pemeriksaan ulang surat-surat dan dokumen yang sudah dilakukan pada Rikmin awal. Metode pemeriksaan akhir dilaksanakan pada Panitia Daerah oleh tim pemeriksa administrasi akhir.

Tim pemeriksa administrasi akhir melakukan pemeriksaan ulang kelengkapan dan keabsahan dokumen persyaratan administrasi casis satu persatu dengan cermat dan teliti. Kemudian mencocokkan detail nama, tanggal/bulan/tahun lahir yang tertera pada ijazah/STTB, Akte kelahiran, KTP dan KK dengan melibatkan outsourcing (Diknas, Disdukpencapil) serta mencocokan foto casis sesuai blanko pemeriksaan administrasi yang telah ditentukan.

“Setelah kelengkapan dan keabsahan dokumen persyaratan administrasi casis dinilai maka dibuatkan Keputusan tentang kelulusan pemeriksaan administrasi akhir penerimaan casis baik yang Memenuhi Syarat (MS) maupun yang tidak memenuhi syarat (TMS). Bila berkas lengkap akan dinyatakan MS. Sebaliknya kalau tidak lengkap, dan atau ada yang diragukan keabsahannya, maka dinyatakan TMS,” kata Karo SDM sembari mengimbau semakin dekat tes akhir, agar para casis tetap percaya kemampuan diri.

(Humas Polda Kaltim)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password