Siagakan 722 Pasukan, Kapolda Kaltim Berhasil Redam Unjuk Rasa Perpu Ormas

BALIKPAPAN, Poldakaltim.com,– Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Safaruddin, bersama jajaran Polres Balikpapan berhasil meredam rencana aksi unjuk rasa gabungan ormas (organisasi masyarakat) di Balikpapan Jumat (21/7/2017) siang. Ormas yang terbagi dalam dua kelompok berseberangan  rencananya akan menyuarakan sikapnya baik yang pro maupun kontra terkait dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas.

Kapolda Kaltim ketika memberikan arahan kepada 772 personel yang ikut apel pengamanan di halaman Mapolres Balikpapan.(foto: poldakaltim.com)

“Saya berharap unjuk rasa ini hari ini tidak ada. Tetapi kita harus mempersiapkan diri. Sebaiknya tidak ada, karena kalau ada, akan mengganggu lalulintas, menganggu orang-orang di sekitar itu. Kewajiban kita memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat Balikpapan ini,” kata Kapolda Kaltim ketika memimpin langsung apel kesiapan 722 pesonel di halaman Mapolres Balikpapan, Jl. Jenderal Sudirman Balikpapan yang akan diturunkan dalam pengamanan unjuk rasa oleh ormas gabungan di Balikpapan, Jumat (21/7/2017).

Dalam apel kesiapan pasukan pengamanan itu tampak hadir Karoops Polda Kaltim Kombes Pol Eko Iswantono, Kasat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Heri Heryandi, Dirlantas Polda Kaltim Kombes Pol Subandriya, Dirsabhara Polda Kaltim Kombes Pol Thofan Herinoto, Dirintelkam Polda Kaltim Kombes Pol Des Aditiawarman.

Kapolda Kaltim ketika menerima laporan kesiapan pasukan dari Kapolres Balikpapan.

Kapolda Kaltim mengatakan, dari informasi yang diterima, kalau satu kelompok ini melakukan unjuk rasa, ada kelompok kontra lain yang melakukan unjuk rasa. Sehingga dikhawatirkan akan terjadi konflik dua kelompok.

“Jadi kita sedang bekerja, agar tidak terjadi konflik dua kelompok ini. Kita semua berusaha semaksimal mungkin tidak ada  unjuk rasa hari ini. Ada langkah-langkah preemtif, langkah-langkah prefentif dan langkah represif. Saya harapkan langkah-langkah preemtif, langkah prefentif bisa berhasil. Jadi tindakan represif tidak dilakukan,” kata Kapolda Kaltim.

Kepada pasukan pengamanan, Kapolda berharap agar  melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Tugas negara yang diberikan harus laksanakan dengan sebaik-baiknya, dan berniat melaksanakan pengamanan ini.

“Niatkan tugas ini kita laksanakan dengan penuh kesadaran. Tuhan akan membalas,” kata Kapolda Kaltim, sembari menambahkan para personel juga harus disiplin dan mematuhi apa yang diperintahkan komandan-komandan kelompok, pimpinan-pimpinan di lapangan harus dipatuhi. “Harus disiplin. Ketahuilah, ancaman apa yang mungkin terjadi di tempat anda bertugas. Keberhasilan anda sangat ditentukan bagaimana kita displin, bagaimana kita mengantisipasi ancaman-ancaman dimana tempat kita bertugas,” tambahnya.

Berdasarkan pemantauan hingga Jumat sore menjelang petang, suasana kota Balikpapan tetap kondusif dan tidak ada pergerakan massa yang akan melakukan unjuk rasa.

(Humas Polda Kaltim).

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password