Kapolda Kaltim di Sidang Kelulusan Akhir: Selamat Bagi yang Lulus dan Terpilih

BALIKPAPAN, Poldakaltim.com,— Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Safaruddin mengucapkan selamat kepada para calon bintara (casis) Bintara yang lulus dan terpilih pada Sidang Kelulusan Akhir  yang berlangsung di Ruang Mahakam, Mako Polda Kaltim, Jl. Syarifuddin Yoes, Balikpapan, Sabtu (5/8/2017). Sidang kelulusan akhir selain dihadiri oleh seluruh casis yang lolos, juga dihadiri oleh para orangtua wali casis yang menyaksikan melalui layar lebar yang dipasang di luar Ruang Mahakam.

“Bagi yang lulus tetapi tidak terpilih, jangan putus asa. Tidak ada istilah gagal, ini hanya keberhasilan yang tertunda,” kata Kapolda Kaltim.

Dalam sidang akhir ini jumlah sisa Casis Bintara PTU sebanyak 314 orang terbagi pria 300 orang dan wanita 14 orang. Kuota untuk panda Kaltim 262 orang (Pria :249 orang, Wanita: 13 orang). Sedangkan yang lulus tetapi tidak terpilih sebanyak 52 orang (Pria: 51 orang, dan Wanita 1 orang). Untuk casis Bintara TI tersisa  3 orang (pria 1 orang, dan wanita 2 orang). Kuota untuk Panda Kaltim hanya 2 orang, sehingga ada satu orang casis yang lulus tetapi tidak terpilih.

Secara simbolis, kapolda menyaksikan penandatangan berita acara sidang kelulusan di hadapan para Panda Kaltim dan pengawas internal maupun ekternal, di samping disaksikan oleh para casis yang lulus.

Kapolda Kaltim pada kesempatan itu juga mengingatkan kepada para casis yang sudah lulus dan terpilih agar tetap menjaga kesehatan, tetap belajar karena akan memasuki “kawah candradimuka” SPN Polda Kaltim untuk menempuh pendidikan selama 7 bulan.

“Yang lulus dan terpilih, jangan terlalu evoria. Jaga kesehatan, jangan begadang. Karena nanti hari Senin sudah harus masuk. Jangan gara-gara begadang terus sakit, terus tidak masuk,” pesan Kapolda.

Sementara itu kepada para casis yang lulus namun tidak terpilih karena kuota, Kapolda Kaltim meminta kepada para casis tetap bersemangat mencoba pada tahun depan. Diceritakan, seperti produk celana jeans, itu sebetulnya produk gagal. Sebab kain jeans itu seharusnya untuk membuat tenda tentara Amerika, namun tidak jadi. Padahal stok bahan-bahannya sangat banyak.

“Lantas kain jeans itu dipotong-poting kecil-kecil untuk celana, dan akhirnya banyak yang kita pakai, menjadi produk yang sukses. Polisi saja, kalau menangkap maling tidak langsung berhasil, ya ditunggui sampai seminggu mencari informasi dan akhirnya bisa tertangkap,” kata Kapolda Kaltim memberikan semangat kepada para lulusan yang tidak terpilih.

(Humas Polda Kaltim)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password