Meriahkan HUT RI Ke-72, Goyang Senam Maumere Getarkan Mako Polda Kaltim

BALIKPAPAN, Poldakaltim.com,— Lebih dari 500 personel jajaran Polda Kaltim beserta ibu-ibu Bhayangkari yang dipimpin langsung oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol. Drs. Safaruddin bersama istri secara kompak memperagakan gerakan senam Maumere di Halaman Mako Polda Kaltim, Sabtu (12/8/2017) sore. Penampilan langka ini sengaja dipersembahkan oleh jajaran Polda Kaltim untuk memeriahkan HUT RI Ke-72 sekaligus melestarikan kesenian tradisional Indonesia.

Atraksi Marching Band DC Satya Sakunta Loka dari Brimob Polda Kaltim dengan lagu Maju Tak Gentar mengawali formasi peserta senam tari Maumere ke area lapangan upacara Mapolda. Sesaat kemudian, disusul dentuman rampak gendang yang diperagakan jajaran Polair Polda Kaltim, seakan menggentarkan Mako Polda Kaltim.

Puncak kemeriahan dan “kehebohan” ditandai dengan goyangan para peserta “Senam Maumere” dari segala sudut lapangan hingga tengah lapangan, tempat Kapolda Kaltim dan istri dengan kompak mengikuti irama. Kapolda Kaltim tampak memakai baju dinas Polri tampak memakai ikat kepala merah putih, dipadu topi khas Dayak Borneo bermanik-manik dan berjuntai bulu burung enggang. Sementara istri Kapolda yang berkebaya baju Bahayangkari juga memakai topi khas Dayak Borneo dengan motif manik-manik khas Kaltim.

Seluruh peserta termasuk jajaran Pejabat Utama Polda Kaltim juga kompak memakai ikat kepala merah putih sebagai wujud kesetiaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan sebagian lagi memakai kostum pakaian khas daerah untuk penggambaran kehidupan di masyarakat Indonesia dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

“Kami ucapkan terima kasih semangatnya kepada seluruh personel yang terlibat langsung dalam senam Maumere untuk memeriahkan HUT RI Ke-72 ini.  Walaupun persiapan hanya dua hari,  hasilnya maksimal,” kata Kapolda Kaltim usai mengikuti senam Maumere.

Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian serta perhatian dari Polda Kaltim dalam melestarikan serta memelihara nilai-nilai budaya lokal yang merupakan kekayaan serta kearifan lokal daerah. Senam Maumere ini diadopsi dari tari tradisional yakni tari Maumere, gerakan dasar tari Maumere merupakan tarian yang berasal dari Maumere, Sikka, NTT.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana melalui Kasubbid PID AKBP Agus Siswanto, mengatakan gerakan senam Maumere ini dengan memakai model pakaian khusus, akan digabungkan menjadi satu rangkaian yang kemudian divideokan dan diunggah (upload) ke media sosial resmi Polda Kaltim.

“Kegiatan ini juga kami live-kan di instagram Polda Kaltim. Kegiatan serupa juga dilakukan oleh jajaran Polres di wilayah Polda Kaltim. Beberapa diantaranya sudah mengungah videonya, seperti dari Polres Paser dan Balikpapan. Sedangkan lainnya masih dalam proses,” kata AKBP Agus Siswanto.(Humas Polda Kaltim)

Foto-foto: Humas Polda Kaltim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password