Polda Kaltara Sementara Akan Berkantor di Gedung DPRD Bulungan

Aslog Kapolri Tinjau Lokasi Lahan Mapolda Kalimantan Utara

TANJUNG SELOR, Poldakaltim.com,– Kesiapan pembentukan Polda Kaltara dinilai sudah sangat layak, dan sementara akan menempati kantor sementara di Gedung DPRD Bulungan yang berada di KM 9 di Desa Bumi Rahayu, sambil menunggu pembangunan kantor yang permanen Polda Kaltara di lahan seluas 22 hektare di Desa Gunung Seriang, Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan.

 

Hal itu terangkum dalam kegiatan Kunjungan Kerja Asisten Bidang Logistik (Aslog) Kapolri Irjen Pol Unggung Cahyono dan Karofaskon Slog Polri Brigjen Pol Alfon Toluhula didampingi Wakapolda Kaltim Brigjen Naufal Yahya di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Rabu (30/8/2017). Rombongan disambut oleh Bupati Bulungan Sudjati, Ketua DPRD Syarwani Kapolres Bulungan AKBP Muhammad Fachry, Kasdim 0903 yang di wakili Danbrig 24 BC.

 

Menurut Irjen Unggung Cahyono dan tim yang mendapat tugas langsung dari Kapolri untuk melakukan pengecekan lokasi sementara dua Polda baru yaitu Polda Kaltara dan Polda Sulbar. Polda Kaltara nantinya tipe B dengan dipimpin Kapolda berpangkat Birjen, atau bintang satu.

 

“Dari pengamatan kesiapan pembentukan Polda Kaltara, termasuk kesiapan lokasi yang akan menjadi markas sementara, sudah cukup layak. Kesiapan Polda Kaltara jauh lebih baik karena sudah ada gedung sementara,” katanya sembari menambahkan kapan Polda Kaltara mulai berkantor di Kaltara, masih menunggu keputusan dari Kemenpan RB.

 

Dalam kunjungan ini, tim dari Mabes Polri mendengarkan paparan rencana pembangunan Mapolda Kaltara oleh PU Kaltara Saiful didahului sambutan Asisten I Provinsi Kaltara, dan melihat lokasi seluas 22 hektare yang akan dijadikan sebagai Mapolda Kaltara di Gunung Seriang, maupun ke gedung DRPD Kab Bulungan yang akan dijadikan kantor sementara.

 

Pada kesempatan itu Bupati Sudjati mengatakan bahwa perjanjian pinjam pakai ini sedang diproses di Pemkab Bulungan. Untuk waktu pinjam pakai menurutnya tidak akan ditentukan. Yang pasti, sampai bangunan markas Polda Kaltara yang permanen selesai dibangun dan siap ditempati. “Menunggu sampai (markas) Poldanya ada,” ujar Bupati, seperti dilansir Tribun Kaltim (30/8/2017).

 

Terkait rehabilitasi gedung dan kelengkapannya, masih akan dibahas bersama Pemprov Kaltara. Yang pasti, tegas Bupati, Pemkab Bulungan sudah siap meminjamkan gedung dan setelah usai digunakan, bangunan dikembalikan ke Pemkab Bulungan.

 

Sementara itu, Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya mengatakan nantinya sebagian besar personel Polda Kaltara akan diisi oleh jajaran Polda Kaltim.

 

Gubernur Kaltara Irianto Lambrie usai pembekalan siswa SPN Polda Kaltim di Balikpapan Februari lalu mengatakan pembentukan Polda Kaltara sangat membantu pengamanan di wilayah Kaltara. Sebab tingkat kerawanan keamanan Kaltara yang berada di perbatasan dinilai tidak sebanding dengan jumlah personel Polri di wilayah ini.

 

“Pemprov Kaltara berkomitmen untuk menyapkan sarana dan prasarana untuk pembentukan Polda Kaltara,” katanya.(Humas Polda Kaltim)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password