Di Masjid Al-Muwafaqoh Martadinata, Kapolda Kaltim Ajak Jamaah Patuhi Lalulintas dan Perangi Narkoba

BALIKPAPAN, Poldakaltim.com,– Untuk mengembangkan community polisi atau perpolisian masyarakat, Kapolda Kaltim Irjen Pol. Drs. Safaruddin Jumat (8/9/2017) malam mengunjungi Masjid Al-Muwafaqoh Martadinata, Balikpapan. Di depan jamaah salat Magrib ini, Kapolda Kaltim mengajak para jamaah untuk tertib dalam berlalulintas, hingga memerangi narkoba.

Pada ceramahnya, Kapolda meminta jamaah untuk mematuhi lalu lintas. Tidak boleh melanggar aturan-aturan yang ada. Jangan karena buru-buru, lampu merah dilanggar dan bawa SIM maupun surat-surat dan kelengkapan kendaraan. Misalnya memakai helm, wajib bagi pengendara sepeda motor. Sebab apabila terjadi kecelakaan, maka bagian kepala akan terlindungi dari benturan.

“Aturan-aturan itu dibuat untuk keselamatan kita,” tegas Kapolda.

Khususnya masalah narkoba, Kapolda Kaltim  mengatakan hal ini merupakan tanggung jawab para orang tua semua, untuk menjaga saudara-saudara dan anak-anak kita agar jangan ada yang terlibat narkoba.  Kita harus punya daya tangkal terhadap narkoba. Apabila sudah terkena narkoba, untuk merehabilitasinya sangat mahal dan lama.

Pertama masalah kesehatan, yakni dengan mengeluarkan racun-racun narkoba yang berada dalam rubuh korban. Setelah itu, baru rehabilitasi masalah psikologisnya, atau ketergantungan narkobanya. Dan ketiga, rehabilitasi masalah sosial, yakni harus bisa bergaul lagi di tengah-tengah masyarakat.

Di akhir tausiahnya, Kapolda meminta para jamaah tetap menjaga silatuhrahmi baik kepada orang yang sudah dikenal, maupun yang belum kenal. Masyarakat juga diminta untuk menjaga keamanan di lingkungan sekitar, dan peduli terhadap pendatang.

“Kita sama-sama menjaga keamanan di Balikpapan, di Martadinata ini. Keamanan itu kebutuhan kita bersama. Harus penuh kesadaran dan keikhlasan masyarakat ikut bersama-sama dengan Polri menjaga keamanan,” katanya.

(Humas Polda Kaltim)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password