Asyik Nonton TV, Ratusan Siswa SPN Berhamburan Keluar  Dalam Gelap dan Suara Tembakan

Latihan Alarm Stelling Siswa SPN Polda Kaltim untuk Selamatkan Mako

BALIKPAPAN, Poldakaltim.com,— Ratusan siswa SPN Polda Kaltim, Balikpapan ketika asyik menonton televisi di aula, tiba-tiba berhamburan keluar dengan memakai perlengkapan sebisanya sambil menenteng senjata, pada Sabtu (9/9/2017) malam sekitar pukul 23.00 Wita.

Mereka banyak yang tak memakai sepatu, atau hanya sebelah.

Lampu padam dan suara desingan tembakan bekali-kali di samping suara teriakan untuk menyelamatkan diri membuat para siswa saling berusaha berlari sekuat tenaga menuju titik kumpul.  Banyak diantaranya hanya memakai satu sepatu di salah satu kakinya, dan lebih banyak lagi yang tidak sempat bersepatu. Tetapi sebagian besar berusaha meraih senjata dan barang bawaan dalam ransel sembari terus berlari tergopoh-gopoh.

Setelah beberapa menit, rombongan pasukan ini sudah sampai di halaman berumput SPN dalam posisi siaga dengan senjata siap tembak. Belum diketahui secara persis dimana serangan itu datang. Suasana masih gelap, dan suara sirine masih terus meraung-raung di antara kilatan lampu. Tampak sebagian besar mereka bertiarap.

Kepala SPN ketika diwawancarai Poldakaltim.com.

“Ini merupakan latihan alarm stelling. Kegiatan ini tidak diberitahukan sebelumnya kepada para siswa, dengan tujuan agar membiasakan siswa lebih cekatan serta mengetahui apa yang harus di lakukan ketika mako mereka mendapat serangan dari luar,” kata Kepala SPN Polda Kaltim Kombes Pol Eko Nugrohadi yang memimpin langsung jalannya kegiatan.

Para siswa Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri 2017-2018 di SPN Balikpapan ini pada siang hari mendapat latihan fisik. Dibekali dengan pelajaran ketrampilan perorangan, salah satunya materi halang rintang. Yang menarik, lokasi SPN ini memiliki situasi seperti di alam sebenarnya, yaitu seperti hutan, pantai, rawa dan sebagainya.

“Kondisi ini membuat siswa seperti menghadapi medan yang sebenarnya,” kata Kombes Pol Eko Nugrohadi.

Bersahabat dengan Alam

Lokasi SPN Polda Kaltim di kawasan Stal Kuda Balikpapan ini sangat bersahabat dengan alam. Sebelah utaranya berbatasan langsung dengan laut Sulawesi dan rimbunnya pepohonan yang tumbuh di pantai. Ini membuat suasana sejuk dan segar, sehingga mendukung proses belajar mengajar, khususnya pelajaran lapangan menjadi nyaman.

Dalam materi pelajaran halang rintang, yang lokasi tepat ditepi pantai, siswa pendidikan pembentukan bintara polri dapat mengikuti pelajaran tersebut tanpa terganggu dengan cuaca yang panas pada siang hari, sehingga siswa dapat berkonsentrasi pada materi pelajaran yang diberikan instruktur.

Situasi alam yang sejuk dan asri dapat membantu siswa dapat berkonsentrasi mengikuti pelajaran tanpa terganngu cuaca yang panas. Lokasi SPN Polda Kaltim sangat bagus untuk pelajaran lapangan, karena dekat dengan pantai dan rimbunya pepohonan,” kata Kombes Pol Nugrohadi.

(Humas Polda Kaltim)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password