Suasana Haru Warnai Cium Kaki Orangtua Saat Penutupan Das Bara Siswa SPN Polda Kaltim

BALIKPAPAN, Poldakaltim.com,– Suasana haru mewarnai penutupan Latihan Dasar Bayangkara (Das Bara) yang diikuti oleh 248 siswa pendidikan pembentukan bintara (Diktuba) 2017-2018 yang berlangsung di Aula Gedung Utama SPN Polda Kaltim, Sabtu (7/10/2017), ketika berlangsung prosesi mencium kaki orangtua para siswa yang hadir pada saat silaturahmi.

Upacara penutupan dipimpin Kepala SPN Polda Kaltim.

Prosesi cium kaki orangtua ini merupakan perintah langsung dari Kepala SPN Polda Kaltim Komisaris Besar Polisi Drs. Eko Nugrohadi, Msi  kepada para siswa, yang sebelumnya telah menyelesaikan serangkaian pelatihan yang bertujuan membentul fisik dan mental yang kuat. Tampak para siswa yang sudah membaur dengan para orangtua masing-masing, langsung membungkuk dan seperti bersujud mencium kaki sang ibu. Sementara sang ibu, tetap berdiri sembari mengusap kepala anaknya. Namun, tidak semua siswa berhasil mencari orangtuanya, karena tiga diantara siswa merupakan anak yatim piatu, sehingga menyalami Kepala SPN Polda Kaltim.

Menurut Kepala SPN Polda Kaltim, seharusnya peserta Diktuba yang mengikuti latihan Das Bara ini berjumlah 249 siswa, namun ada satu siswa yang sakit. Sedangkan pada saat pelaksanaan, yakni longmarch terdapat 3 siswa yang pingsan dan dirawat di rumah sakit Siloam Balikpapan.

Pelepasan siswa saat long march sejauh 30 kilometer dari Waduk Manggar ke SPN Polda Kaltim.

Seperti diketahui, untuk menandai penutupan Latihan Das Bara itu telah dilakukan apel siswa Diktukba 2017-2018 diikuti 248 siswa pada Sabtu petang. Sebelumnya para siswa melakukan kegiatan outbond yakni longmarc sejauh 30 kilometer menembus gelapnya malam Kota Balikpapan pada Sabtu (6/10/2017) malam hingga Minggu (7/10/2017) dinihari yang dimulai dari Waduk Manggar, Km 12 menuju SPN Balikpapan di Stal Kuda, Balikpapan.

Para siswa dilepas langsung oleh Kepala SPN Polda Kaltim, sekaligus bertindak sebagai inspektur. Longmarch yang diikuti seluruh siswa pendidikan pembentukan bintara ini merupakan kegiatan terakhir dari semua kegiatan out bound dalam rangka penutupan Dasar Bhayangkara. Sebelumnya para siswa melakukan bakti sosial di hari kedua outbound yang dipusatkan di Waduk Manggar dan sekitarnya. Di tempat ini para siswa melaksanakan kegiatan bakti sosial dengan membersikan lingkungan waduk Manggar, mulai dari membersihkan parit, mengecat mushola dan lingkungan Pura Prajapati. Kegiatan outbound ini sudah berlangsung sejak Kamis (5/10/2017) dan berakhir pada Minggu, 7 Oktober 2017.

Para siswa yang beragama Islam ketika melakukan salat berjamaah di lapangan.

”Kegiatan yang  dilakukan para siswa SPN Polda Kaltim sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat,” kata Kepala SPN Polda Kaltim pada saat menjadi inspektur upacara penutupan outbound Das Bhara Minggu pukul 03.30 Wita.

(Humas Polda Kaltim)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password