Polres Berau Berikan Pelatihan Dasar Penerimaan Polri Kepada Kalangan Pelajar

BERAU, Poldakaltim.com,- Polres dan Pemkab Berau telah menandatangani kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (Mou), untuk melakukan rekrutmen terhadap anggota Polri Melalui MoU ini, Polres Berau mulai melakukan sosialisasi, sekaligus pendidikan dan pelatihan terhadap para pelajar, yang berminat menjadi anggota Polri. Senin(30/10).

Kapolres Berau, AKBP Andy Ervyn, melalui Kabag Sumber Daya Polres Berau, Kompol Sumarji mengatakan, pihaknya sudah mulai melakukan pendidikan dan pelatihan di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Kami datangi semua sekolah, dan membuka pendaftaran kepada pelajar, mulai dari Kelas 1 SMA yang berminat menjadi anggota Polri” kata Sumarji. Pendaftaran ini pun dilakukan seperti halnya pendaftaran para brigadir polisi. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, salah satunya adalah persyaratan tinggi badan minimal.“Setelah lolos pendaftaran ini, mereka akan mendapat pelatihan. Sama seperti pelatihan para taruna kepolisian,” kata Sumarji.

Agar tidak menganggu kegiatan belajar-mengajar, kata Sumarji, pendidikan dan pelatihan ini dilakukan pada hari libur. Para pelajar yang mendaftar akan terus dipantau secara berkala.“Misalnya, kemarin ada yang mampu melakukan kegiatan fisik, push up 50 kali, jangan sampai turun, harus ditingkatkan,” tegasnya.

Melalui sistem pendidikan seperti ini, kata Sumarji, diharapkan, seluruh peserta sudah siap saat mendaftar sebagai anggota Polri. Mereka nantinya sudah terlatih secara fisik dan psikologis, “Dengan cara ini, mereka tidak akan kaget saat mengikuti pendidikan dan pelatihan di Sekolah Polisi Negara (SPN),” paparnya.

Polri, kata Sumarji tetap membuka kesempatan kepada masyarakat untuk menjadi anggota. Tidak hanya dididik sebagai bintara dan perwira, Polri juga membuka kesempatan kepada pemuda berprestasi untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi.“Mereka punya kesempatan sekolah kedokteran, menjadi insinyur dan semua dibiayai oleh Polri,” tandasnya

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana menambahkan “kegiatan tersebut sangat baik untuk mempermudah para calon anggota polri mendapatkan pelatihan dan pembelajaran sebelum mengikuti serangkaian tes menjadi anggota polri sudah siap dan matang” tutup Ade Yaya

HUMAS POLDA KALTIM

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password