Tekan Pelanggaran Lalu Lintas, Satlantas Polres Tarakan Gelar Operasi Zebra 2017

Tarakan – Untuk meminimalisir angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas, Satuan Lalulintas (satlantas) Polres Tarakan, gelar operasi zebra 2017, mulai Rabu 1 hingga 14 November.

Pada Operasi Zebra kali ini Satlantas Polres Tarakan akan fokus terhadap pengendara yang melanggar kelengakapan surat dan kendaraan, kemudian pelanggaran marka Jalan, melawan arus, muatan berlebih, serta penggunaan helm standar.

Kapolres Tarakan AKBP Dearystone Supit, Melalui Kasat Lantas AKP Sarwidodo mengungkapkan, beberapa pelanggaran yang di fokuskan nantinya langsung di tindak tilang.

“Operasi zebra ini Nasional, nanti langsung kita tindak dengan tilang, memang ada upaya preventif dan represif, namun hanya 20 persen saja,”katanya, Selasa (31/10/2017).

Perwira berpangkat balok tiga ini menjelaskan, sesuai arahan pimpinan pihaknya akan lebih banyak melakukan patroli keliling (hunting system),” sedangkan kalau razia (stasioner) hanya memeriksa kelengkapan administrasi Karena jika dengan hunting kita bisa menemukan pengendara melawan arus, berbonceg tiga, tidak menggunakan helem, dan melanggar marka Jalan. Kalau hunting nanti bisa sampai ke pinggir-pinggir kota, contohnya sampai ke juata, atau ke amal. Nanti saya bagi tim, kalau stasioner pasti full personil kami libatkan”ujarnya.

Terkait melakukan sidang di tempat saat razia, menurut Sarwidodo, akan berkordinasi lebih lanjut kepada pihak Kejaksaan, dan Pengadilan Tarakan,”kita akan kordinasi dulu apakah bisa atau tidak, lihat saja nanti kedepannya,”tandasnya.

Ia mengakui, personil yang dilibatkan dalam operasi zebra hanya 38 orang sesuai anggaran,”Tetapi untuk lalulintas semuanya kita libatkan, sedangkan dari provos, dan sabhara hanya beberapa saja,” beber Sarwidod.

Oleh karenanya masyarakat diminta jika keluar menggunakan kendaraan supaya membawa kelengkapan surat-surat kendaraan.

”Kami sosialisasikan operasi ini menggunakan spanduk-spanduk, media masa, dan tepat tanggal 1 november 2017 kita sudah melakukan Apel gelar pasukan Operasi Zebra, di halaman Polres Tarakan,” tutupnya

HUMAS POLDA KALTIM

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password