Polres Balikpapan Berhasil Ungkap Kasus Pencurian di 15 Tempat Kejadian

BALIKPAPAN, Poldakaltim.com,- Kepolisan Resor Balikpapan yang di pimpin oleh AKBP Wiwin Firta Y.A.P, S.I.K., melaksanakan Press Release Kasus Pencurian setelah berhasil menangkap kasus pencurian yang terjadi di 15 Rumah mewah di Mapolres Balikpapan. Kamis (02/11) pukul 13.00 Wita.

Hanya bermodal nekat dan dua obeng besar, Adi (31) sukses menggondol harta benda dari 15 rumah korbannya. Kendati rumah tersebut berada di kawasan elit, namun ia berhasil membobol pintu dan jendela rumah korban. Hebatnya, sebagian besar aksi ia lakukan pada siang hari.

Dua perumahan yang jadi sasaran operasi Adi. Namun kebanyakan ia beraksi di perumahan Taman Sari Bukit Mutiara, Gunung Samarinda, Balikpapan Utara. Sisanya di perumahan Rauadah, Gunung Samarinda. Adi (31) yang sehari-hari berprofesi sebagai juru parkir liar, sering melintas di perumahan.Dari amatannya, penjagaan di perumahan elit tak terlalu ketat. Apalagi siang hari. Hal itu cukup membuat ia percaya diri melakukan kejahatan.

Polanya dengan meloncat pagar rumah, lalu mencongkel jendela dan masuk tanpa sepengetahuan warga sekitar.Ia mampu membawa barang berharga dari rumah korban. Mulai dari laptop, telepon seluler, handycam, kamera, aksesoris dan perhiasan.

“Sepi Pak. Biasa lewat sana (Taman Sari Bukit Mutiara). Enggak pernah lihat ada yang jaga. Makanya saya berani saja masuk. Abis lompat pagar. Saya buka pakai obeng. Saya ambil barang yang bisa dibawa saja dan bisa cepat dijual,” tuturnya.

Bahkan untuk mengangkut barang curian, Adi kerap menggunakan jasa ojek. Karena dianggap lebih aman dan tidak menimbulkan kecurigaan. Karena setiap kali masuk ke kawasan perumahan harus melewati pos satpam.

“Biar enggak curiga saja kadang diantar atau dijemput ojek,” tuturnya

Sementara Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta Y.A.P., S.I.K., menjelaskan, pelaku ditangkap berdasarkan informasi masyarakat yang resah dengan semakin maraknya pencurian di kawasan tempat tinggal mereka.

“Dilakukan di siang hari, ada yang malam. Rata-rata rumah dalam kondisi ditinggal penghuninya. Namun ada juga yang ketika penghuninya tidur. Sementara pengamanan di kawasan tersebut belum maksimal. Pelaku memanfaatkan kelengahan sekuriti,” ungkapnya.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana menambahkan tersangka telah beraksi sejak Juli hingga 26 Oktober lalu. Dari pengakuan tersangka, ia melakukan aksinya di 15 Tempat Kejadian Perkara (TKP).Dan kini pelaku telah ditahan untuk pemeriksaan lebih lanjut di sel tahanan Polres Balikpapan, tutup Ade Yaya

HUMAS POLDA KALTIM

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password