Polres Kutai Barat Laksanakan Tes Psikologi Bagi Personel Yang Menggunakan Senpi

Kubar, Polda Kaltim.com – Kemarin Rabu, (15/11/2017) bertempat di Aula bawah Polres Kutai Barat Tim Psikologi Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Kaltim menggelar tes Psikologi untuk personel yang memegang senjata api. Kegiatan yang dibuka oleh Wakapolres Kubar Kompol I Gede Pasek M tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa para anggota yang dibekali senjata api memang benar-benar anggota yang dapat menggunakan senjata sesuai SOPnya. Kegiatan tes psikologi ini diikuti oleh anggota yang berpangkat Bintara dan juga Perwira dari anggota juga sampai Kasat/Kabag masing-masing satuan.

Dalam sambutannya Wakapolres menuturkan jika kedepan setelah tes ini hasilnya keluar maka anggota-anggota yang lulus dan tidak lulus akan benar-benar dipisahkan. Dipisahkan dalam arti mereka yang lulus akan dibekali senpi sedangkan yang tidak lulus tidak akan dipersenjatai. Bahkan bagi personel yang saat ini sudah memegang senpi pun diwajibkan mengikuti tes psikologi juga, dan ketika hasilnya tidak lulus maka senjata tersebut akan ditarik kembali.

“ kita akan benar-benar memperhatikan mana-mana anggota yang layak dan bisa dipercaya ketika memgang senpi. Bisa dipercaya artinya matang secara emosi, senior dalam kedinasan dan juga memiliki perilaku yang baik serta benar-benar menggunakan senjata sebagai alat untuk melindungi dirinya dalam bertugas dan juga masyarakat”.

Turut memberikan sambutan adalah Ketua Tim Psikologi AKP Haran Prianto M.Psi, beliau mengungkapkan bahwa semata-mata kegiatan ini merupakan agenda rutin yang harus dilakukan diinternal POLRI sebagai wujud dalam mengecek kesiapan anggota dalam berdinas khususnya dalam hal penggunaan senpi. Jangan sampai angggota yang dibekali senjata malah menggunakan senjata seenaknya, jalan kesana kesini pamer senjata.

“ Diharapkan para anggota yang membawa senjata mengerti dan benar-benar mematuhi SOP dalam penggunaan senjata. Kapan dan harus seperti apa penggunaanya. Jangan mondar-mandir seperti jagoan bawa senpi tapi tidak paham standar operasional prosedur penggunannya.” Pungkasnya di akhir sambutan.

Di lain Tempat Kombes Pol Ade Yaya Suryana Menerangkan Bahwa” Kegiatan Tes Psikologi adalah kegiatan rutin Yang di lakukan oleh Internal POLRI, bagi anggota polri ini sangat penting, dikarnakan dapat mengetahui layaknya tidaknya seorang anggota Polri memegang Senpi dan dapat mengetahui keadaan jiwa anggota polri tersebut” ujar Ade Yaya

Humas Polda Kaltim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password