Edisi Praktek Lapangan Pada Kegiatan Pelatihan Keterampilan Yang Di Selenggarakan Biro SDM Polda Kaltim

Balikpapan, Poldakaltim.com,-  Kegiatan pelatihan keterampilan yang telah diselenggarakan oleh Biro Sumber Daya Manusia Polda Kaltim bagi para anggota Polri dan PNS Polri yang akan memasuki masa purna tugas hari ini merupakan hari terakhir pelatihan tetapi masih terdapat beberapa rangkaian acara yang harus dilalui, Kamis (23/11).

Dengan jadwal kegiatan acara pelatihan keterampilan adalah praktek lapangan yang mengajak seluruh peserta pelatihan untuk mengunjungi beberapa tempat-tempat usaha diantaranya adalah mengunjungi Balai Latihan Kerja Balikpapan yang bertempat di daerah Sepinggan Balikpapan, sentra produksi pembuatan tahu dan tempe di daerah Somber dan peninjaun peternakan lele di KM 14 Balikpapan.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia Polda Kaltim Kombes Pol. Drs. Sofyan Nugroho, SH, M.Si memimpin apel pagi yang tengah dilaksanakan para peserta pelatihan sebelum menuju lokasi praktek lapangan sekaligus melepas keberangkatan para peserta pelatihan tersebut. “praktek lapangan ini diberikan guna membuka wawasan, memberikan gambaran secara langsung dan  melatih keterampilan para peserta sekalian untuk dapat menjadi seseorang yang siap menghadapi masa pensiun, tentunya untuk mengisi waktu luang dengan membuka berbagai macam usaha yang bermanfaat,” ujar Sofyan.

Lokasi pertama yang menjadi sasaran adalah Balai Latihan Kerja yang berada di daerah Sepinggan, Balikpapan. Di lokasi tersebut para peserta pelatihan menerima arahan dan praktek langsung dari Kepala Balai Latihan Kerja Balikpapan. Setelah selesai di lokasi pertama selanjutnya para peserta  menuju lokasi kedua yaitu sentra produksi pembuatan tahu dan tempe di daerah Somber, Balikpapan.

Dilokasi pembuatan tahu dan tempe ini para peserta dapat melihat secara langsung bagaimana proses pembuatan tahu dan tempe. Mulai dari pencucian kedelai , pelepasan kulit kedelai sampai dengan fermentasi kedelai hingga proses menghasilkan tahu dan tempe. Setelah selesai dilokasi kedua selanjutnya  para peserta pelatihan menuju ke lokasi ketiga yaitu di peternakan ikan lele yang beralamatkan di KM 14, Balikpapan. Di lokasi peternakan ikan lele tersebut para peserta pelatihan dapat melihat secara langsung bagaimana cara membudidaya ikan lele dengan baik.  Selanjutnya setelah selesai mengunjungi beberapa sentra usaha kecil, para peserta pelatihan  kembali menuju ke Polda Kaltim guna menerima materi lebih lanjut.

Selanjutnya para  peserta pelatihan keterampilan yang tidak lain adalah para anggota Polri dan PNS Polri Polda Kaltim ini menerima materi tentang pengenalan usaha air Kangen Water dari Ketua Asosiasi Kangen Water Balikpapan dan materi terakhir adalah materi dari Persatuan Purnawirawan Polri Kaltim.

Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol. AdeYaya Suryana,SIK, MH menambahkan “praktek lapangan pada kegiatan pelatihan keterampilan ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang positif dan bermanfaat tentunya bagi para peserta pelatihan karena mereka tidak hanya menerima arahan dan materi tetapi terjun langsung meninjau lokasi-lokasi yang menjadi objek atau sasaran daripada materi yang disampaikan pada kegiatan pelatihan ini”, ujarnya.

 

Humas Polda Kaltim

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password