Biro SDM Polda Kaltim Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi Sistem Penilaian Kinerja (SIPK-SMK Online) TA. 2017 di Lingkungan Polda Kaltim

Balikpapan, Poldakalatim.com,-  Biro Sumber Daya Manusia Polda Kaltim menggelar acara sosialisasi dan pelatihan aplikasi sistem informasi penilaian kinerja (SIPK-SMK ONLINE) pada lingkungan polda kaltim Ta. 2017 yang tengah berlangsung di ruang Rupatama Polda Kaltim, Balikpapan, Kaltim, pada pukul 08.00 WITA, Kamis, (30/11).

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kaltim Briadir Jenderal Polisi M. Naufal Yahya didampingi oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia Polda Kaltim Kombes Pol. Sofyan Nugroho dan Kabagjiansis Rojianstra SSDM Polri Kombes Pol. Iriansyah, SH serta di hadiri oleh para Kasubbagrenmin di lingkungan satuan kerja Polda Kaltim, para Kabagsumda Jajaran Polda Kaltim dan para operator SMK sejajaran Polda Kaltim.  Acara tersebut juga dirangkai dengan sosialisasi perjanjian kerjasama antara PT. Garuda Indonesia (persero) Tbk dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia. Dimana narasumber yang tengah hadir dalam acara sosialisasi tersebut dari tim SSDM Mabes Polri dan pihak PT. Garuda Indonesia (persero) Tbk.

Rangkaian acara sosialisasi tersebut diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan laporan singkat dari Kepala Biro Sumber Daya Manusia Polda Kaltim Kombes Pol. Sofyan Nugroho. Dalam laporan singkatnya beliau mengatakan,” sosialisasi dan pelatihan aplikasi sistem informasi penilaian kinerja (SIPK-SMK Online) ini berkaitan dengan permasalahan di bidang pembinaan sumber daya manusia guna mengidentifikasi dan mengukur kinerja anggota Polri agar selaras dengan visi dan misi organisasi Polri,” ujarnya.

Wakil Kepala Kepolisian Kaltim, Brigadir Jenderal Polisi M. Naufal Yahya, dalam sambutan pembukanya menambahkan, “ Masalah SMK ini memang sangat perlu karena berkaitan dengan sistem penilaian kinerja sebagai anggota Polri, dimana sistem ini dapat digunakan sebagai salah satu syarat administrasi jika ingin mendaftar sekolah-sekolah di kepolisian”, ujarnya. Beliau juga menambahkan bahwa sistem manajemen kinerja atau yang disingkat dengan SMK ini digunakan untuk mengidentifikasi dan mengukur kinerja anggota Polri sesuai dengan visi dan misi organisasi Polri.

Sebelum mengakhiri sambutannya,  Wakapolda Kaltim juga berpesan kepada seluruh peserta setelah mendapat informasi dari sosialisasi dan pelatihan ini agar dapat melakukan penilaian kinerja yang akurat berdasarkan fakta dan capaian kinerja, mampu mengukur jumlah hasil kerja yang akan disapai dari setiap pelaksanaan tugas jabatan, mampu menyajikan data dan informasi tentang pegawai negeri pada Polri secara online yang berkualitas dan tepat serta meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan dan teknologi guna membangun kapasitas dan ketrampilan diri.

Perlu diketahui bersama bahwa setiap uraian pekerjaan yang akan dilakukan harus berdasarkan pada tugas dan fungsi, wewenang, tanggung jawab dan uraian tugas yang telah ditetapkan dalam struktur organisasi dan tata kerja, penyusunan kontrak kerja berdasarkan dokumen perjanjian kinerja tempat anggota bertugas.  Penilaian kinerja pada anggota Polri ini dilaksanakan dengan beberapa prinsip yaitu secara objektif, transparan, akuntabel, proporsional dan adil. Dengan sistem penilaian kinerja meliputi perencanaan, pemantauan kinerja, pelaksanaan penilaian kinerja dan evaluasi kinerja.

Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol. Ade Yaya Suryana, SIK, MH, menambahkan,” agar para peserta sosialisasi dan pelatihan aplikasi sistem informasi penilaian kinerja (SIPK-SMK Online) pada lingkungan Polda Kaltim Ta. 2017 ini mampu mengikuti kegiatan dengan serius dan sebaik-baiknya guna menambah informasi yang kelak akan disampaikan atau dilaporkan kepada para pimpinan di wilayah kesatuan masing-masing.

Humas Polda Kaltim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password