Kapolri Puji Kinerja Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Safaruddin dalam Mengamankan Kaltim

Balikpapan, PoldaKaltim.com – Kapolri Jenderal Polisi H Tito Karnavian mengaku selama menjabat, baru pertama kalinya mengunjungi wilayah Kaltim pada Kamis (14/12/2017) dan Kaltara pada Jumat (15/12/2017). Kunjungan pertama kalinya ini untuk memberikan pengarahan pada Jajaran Polda Kaltim dan meninjau lokasi bakal Mapolda Kaltara di Bulungan.

“Sekitar 1,5 tahun saya tak datang ke sini (Kaltim). Bukan saya tak cinta Kapolda. Saya merasa tertolong karena Kaltim di mata saya sangat aman. Aman kenapa? Karena leadership Kapoldanya,” kata Kapolri kepada awak media usai memberikan pengarahan di Hotel Gran Senyiur Balikpapan.

Kapolri menjelaskan, bukannya dirinya tak memerhatikan Polda Kaltim di pusat, namun dari sudut pandangnya sebagai Kapolri, bilamana suatu daerah sering dikunjungi, maka berarti daerah tersebut rawan. Sebaliknya, bila jarang dikunjunginya maka ia menganggap bahwa daerah tersebut aman, dan institusi kepolisian daerah mampu bekerja optimal.

“Makin banyak saya datang ke daerah, berarti daerah itu banyak rawan. Makanya saya turun langsung,” jelasnya.

Ia menilai keamanan Kaltim dan Kaltara relatif dapat dikendalikan. Termasuk di dalamnya ketertiban masyarakat, potensi konflik, dan penanganan kejahatan konvensional. Ia mengapresiasi kinerja Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) yang mengelola itu dengan baik.

“Ada memang permasalahan atau laporan masyarakat kepada saya langsung atau tidak langsung, saya komunikasikan cepat dengan Kapolda, setelah itu masalah selesai. Saya tak perlu turun, karena semua berhasil ditanagani Kapolda dengan baik,” bebernya.

Kapolri menilai, dari program yang didalamnya terdapat indikator keberhasilan Polda maupun Polres jajaran di Indonesia, Polda Kaltim termasuk satwil yang mengumpulkan banyak prestasi. Mulai dari pengelolaan keuangan, pelayanan SIM, hingga inovasi aplikasi online yang dibuat Polda Kaltim.

Saat ditanya wartawan apakah Kapolda Kaltim cocok jadi orang nomor satu di Kaltim, Tito hanya melempar senyum saat mendengar pertanyaan itu. Sementara Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin yang berada di belakangnya menyahut: “Itu tergantung rakyat (Kaltim),” katanya sembari kemudian mengawal Kapolri meninggalkan tempat acara pengarahan.

Seperti diketahui, Kapolri tiba di Bandara SAMS Balikpapan,  disambut langsung oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin beserta Pejabat Utama Polda Kaltim, juga Walikota Balikpapan Rizal Effendi dan FKPD Kota Balikpapan. Di samping itu, Kapolri juga mendapat kalungan bunga dari Duta Humas Polda Kaltim beserta polisi cilik dari TK Kemala Bhayangkari Polda Kaltim. Ikut dalam rombongan Kapolri antara lain Asrena, Karo Binkar SSDM, Karo Penmas Divhumas, Karo Pal Slog, Karo Provos Divpropam.(Polda Kaltim)

*. Sumber Tribun Kaltim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password