Mabes Siapkan Rp 73 M, Mapolda Kaltara Dibangun di Kawasan Kota Baru Mandiri Tanjung Selor

Kaltara, Poldakaltim.com,– Di hari kedua kunjungan di Kaltim dan Kaltara pada Jumat (15/12/2017) ini, Kapolri Jenderal Polisi H Tito Karnavian berserta rombongan dan Kapolda Kaltim bersama Pejabat Utama Polda Kaltim dan menggelar pertemuan dengan Gubernur Kaltara Irianto Lambrie dan beserta jajaran Pemprov di Kantor Gubernur Kaltara.

Pada kesempatan itu, Gubernur Irianto Lambrie memaparkan tahapan dan realisasi persiapan Kota Baru Mandiri yang di dalamnya termasuk lokasi Mapolda Kaltara. Pemprov Kaltara tak lama lagi masuk tahap pembebasan lahan, dan Pemprov sudah menyiapkan anggaran Rp50 miliar untuk membebaskan lahan yang diperuntukkan untuk Kantor Gubernur, DPRD, dan sejumlah perkantoran instansi vertikal lainnya, termasuk Mapolda Kaltara.

Untuk mereasisasikan pembangunan Mapolda Kaltara, Mabes Polri sendiri, seperti yang pernah dijelaskan oleh Kapolda Kaltim, telah menyiapkan dana Rp73 miliar untuk pembangunannya. Kapolda Kaltim juga sudah siap menggeser personel ke Tanjung Selor untuk mengisi masa transsisi Polda Kaltara.

Setelah menggelar pertemuan, Kapolri bersama Gubernur Kaltara dan rombongan melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan Kota Baru Mandiri Tanjung Selor di Desa Gunung Seriang, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan. Di salah kawasan areal ini tampak sebuah tenda dengan tulisan : Di Lokasi ini akan Dibangun Kantor Polda Kalimantan Utara.

Untuk sementara, sambil menunggu pembangunan Mapolda Kaltara selesai, Polda akan menempati kantor sementara di Kantor DPRD Bulungan yang baru selesai dibangun di Kilometer 9. Kapolri dan rombongan juga sempat melakukan penijauan ke lokasi kantor sementara ini.

Sementara itu, kedatangan Kapolri di Bulungan, Kaltara untuk pertama kalinya ini mendapat sambutan hangat dari Gubernur Kaltara dan jajarannya, termasuk perwakilan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, dan tokoh agama.

Kapolri tampak mendapat kalungan selendang manik motif khas dayak.(Poldakaltim.com)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password