Jelang Pilkada 2018, Polda Kaltim Bersama Kodam VI Mulawarman Gelar Simulasi Sispam Kota

BALIKPAPAN, Poldakaltim.com- Polda Kalimantan Timur bersama Kodam VI Mulawarman menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispam Kota) Jelang Pilkada Kaltim 2018 di halaman depan Makodam VI Mulawarman, Jalan Jendral Sudirman Balikpapan, Rabu (28/02/2018).

Peragaan Simulasi dimulai dari patroli dalam skala besar yang melibatkan seluruh satuan kerja operasional, termasuk sistem pengamanan walpri (pengawalan pribadi) kepada pasangan calon yang disimulasikan oleh personil Polda Kaltim.

Dalam rangkaian kegiatan peragaan tersebut, salah satu yang di simulasikan adalah ada beberapa warga yang menolak pasangan calon hingga menghadang dengan senjata tajam berhasil dilumpuhkan pihak Kepolisian yang siap mengawal pengamanan pilkada serentak 2018 di Kaltim.

Satuan Lalulintas yang mengawal, Satuan Sabhara yang berpatroli, Satuan Brimob dengan Jibomnya serta Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang bersinergi bersama-sama memeriksa kondusifitas sekitar serta elemen satuan lainnya di Polda Kaltim dan Kodam VI Mulawarman tak tertinggal masuk bagian dalam peragaan kesiapan pengamanan pilkada serentak 2018.

Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Drs. Priyo WIdyanto, M.M., yang memimpin pelaksanaan peragaan simulasi mengatakan bahwa kita semua menyadari sistem pemerintahan Indonesia adalah demokrasi, dimana setiap warga negara diberikan ruang kebebasan untuk menyampaikan pendapat dan semua hak politik, ekonomi dan sosial budaya dijamin oleh negara berdasarkan pancasila dan UUD 1945.

“Simulasi Sispamkota ini bertujuan agar personel yang terlibat dapat memahami tugas pokok dan fungsi serta peran masing-masing satuan, baik di tingkat Polda maupun Polres. Kemudian dengan TNI dan instansi terkait lain” tutur Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto, M.M.

Dalam kesempatan ini, Kapolda Kaltim mengajak semua elemen untuk bersama-sama bisa satu pola pikir, satu pola sikap dan satu pola tindak termasuk rekan TNI untuk bersama-sama mensukseskan pelaksanaan pilkada serentak di Kalimantan Timur.

“TNI dan Polri harus netral disetiap kontestansi politik ditingkat manapun. Kesuksesan kepala daerah kuncinya hanya satu, yaitu bersatunya masyarakat, TNI dan Polri, solidnya TNI dan Polri  dan satu komando politik negara. Polri TNI kuat, Polri TNI Kompak maka negara akan kuat,” tegas Kapolda Kaltim

Pada kesempatan ini juga Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto, M.M., menyampaikan 6 penekanan kepada personel Polri dan TNI yakni Siapkan mental dan fisik anggota, Lakukan deteksi dini, Tingkatkan kewaspadaan dan pengamanan, Gelar kekuatan, Jaga Netralitas dan Jalin kerjasama.

HUMAS POLDA KALTIM

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password