Tes Psikologi Casis Akpol, 57 orang MS

BALIKPAPAN Poldakaltim.com,– Tim panitia tes psikologi Panda Kaltim akhirnya menetapkan 57 calon siswa (casis) dinyatakan memenuhi syarat (MS), dengan jumlah peserta 79 casis khusus jalur Akpol, dalam proses penerimaan Polri 2018, setelah dilakukan tes psikologi secara serentak di Mako Polda Kaltim, Balikpapan, Jumat (16/4/2018).

Tes psikologi yang dipimpin oleh Karo Sarpras Polda Kaltim Kombes Pol Cahyo Widagdo di Ruang Mahakam Mako Polda Kaltim sejak Senin pagi diikuti 78 casis Akpol, karena ada satu casis tidak hadir. Hasil tes menunjukkan, 57 orang dinyatakan MS (53 pria dan 4 wanita), sedangkan sisanya 21 TMS (17 pria dan 4 wanita)

“Proses pengumuman juga kami lakukan secara transparans. Pertama hasil lembar jawaban para casis kami scan dan ditayangkan melalui proyektor yang bisa disaksikan oleh seluruh peserta, pengawas internal dan eksternal,” kata Kombes Pol Cahyo Widagdo.

Ujian Psikologi meliputi aspek-aspek sebagai berikut : faktor kecerdasan, kecerdasan umum, kemampuan praktis, kemampuan verbal, kemampuan abstrak. Faktor kepribadian terdiri dari: prososial, pengendalian diri, penyesuaian diri,  kepercayaan diri. Faktor minat: prosedural; pelayanan sosial; adil; kebenaran; demokratis, humanisme. Sikap kerja: kecepatan, daya tahan, dan ketelitian.

Sementara dalam tes psikologi ini menggunakan sistem penilaian dalam skala 0 sampai 100 dengan kategori sebagai berikut: 0 – 40   : Kurang sekali; 41 – 60: Kurang; 61 – 80: cukup; 81 – 100 : Baik.

Nilai psikologi dinyatakan memenuhi syarat (MS) adalah 61 ke atas, dan tidak memenuhi syarat (TMS) adalah 60 ke bawah.

(Humas Polda Kaltim)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password