HUT Bhayangkara Ke-72, Ditlantas Polda Kaltim Gelar Lomba Burung Berkicau

BALIKPAPAN Poldakaltim.com – Banyak cara yang dilakukan warga Balikpapan untuk melestarikan dan mengetahui kemampuan burung berkicau miliknya. Salah satunya dengan mengadu kemampuan dan kemerduan suara burung di Lomba Burung Berkicau dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara Ke-72 yang digelar Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Kaltim, Minggu (13/05/2018).

Ratusan pecinta burung berkicau di Bumi Etam Kaltim ini ambil bagian untuk agar burung peliharaan kesayangannya menjadi yang terbaik.

Aneka jenis burung dilombakan oleh para pemiliknya, mulai cucak hijau, cucak rowo, kacer, punglor, love bird serta lainnya.

Dalam lomba ini, ratusan burung dari masing-masing kelas diadu suara kicauan merdunya untuk menjadi yang terbaik dan membawa pulang hadiah dari panitia lomba.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kaltim Kombes Pol Subandriya SH MH mengatakan, lomba burung kicau yang dilaksanakan Ditlantas Polda Kaltim dalam rangka Hari Bhayangkara ke-72.

“Kegiatan ini digelar bertujuan meningkatkan kemitraan kepada masyarakat, khususnya kepada komunitas burung berkicau yang ada di Kalimantan Timur,” kata Subandriya.

Selain itu, lomba burung berkicau ini juga digelar dengan tujuan melestarikan burung kicau tanah air sehingga nuansa alamiah di Kaltim, khususnya burung kicau di Balikpapan tidak mengalami kepunahan.

Berkaitan dengan lalu lintas, Subandriya menambahkan, pihaknya mengajak seluruh komponen masyarakat menjadi pelopor tertib berlalu lintas dalam rangka memperkecil tingkat angka kecelakaan lalu lintas dan membuat keteduhan kepada pengguna jalan sehingga bisa merefleksikan tertib di jalan.

Sementara itu, salah satu peserta lomba, Suharto mengatakan, pihaknya menyambut baik upaya Ditlantas Polda Kaltim dalam meningkatkan tali silaturrahmi antar masyarakat melalui lomba Burung Berkicau dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-72.

Apalagi dalam lomba ini burung peliharaannya yakni cucak rowo berhasil keluar sebagai juara pertama di kategori Cucak Rowo Eksibisi.

“Yang terpenting adalah bagaimana burung peliharaan yang diikutkan dalam lomba adalah burung hasil penangkaran dan bukan burung hasil tangkapan dari alam liar hingga kita bisa melestarikan burung langka yang kini terancam punah,” kata Suharto.

Lomba Burung Berkicau yang digelar di halaman parkir Mako Ditlantas Polda Kaltim Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan dengan diawali pelepasan burung dan foto bersama ini dihadiri Karo Ops Polda Kaltim, Dir Binmas Polda Kaltim, Kabid Propam Polda Kaltim, Ka SPN Polda Kaltim, serta sejumlah pejabat Polda Kaltim lainnya.

(dipanews/Humas Polda Kaltim)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password