Bid Propam Polda Kaltim Gelar Rakernis Jelang Tahapan Pileg Dan Pilpres Tahun 2019

BALIKPAPAN, Poldakaltim.com,- Guna mewujudkan Propam yang promoter dan mensukseskan Tahapan Pileg dan Pilpres tahun 2019, Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto, M.M., pimpin Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bidang Propam Polda Kalimantan Timur bertempat di Ruang Rupatama Mapolda Kaltim, Kamis (26/07/2018).

Rakernis yang di pimpin langsung oleh Kapolda Kaltim ini dihadiri pula oleh Irwasda Polda Kaltim Kombes Pol. Drs. Edhy Moestofa, M.H., Kabid Propam Polda Kaltim Kombes Pol. Roni Bahtiar Arief, para pejabat utama Polda Kaltim, Para Wakil Kasatker Jajaran Polda Kaltim, serta seluruh personil Bid Propam Polda Kaltim.

Kapolda Kaltim dalam pembukaan sambutannya menyampaikan bahwa dalam kegiatan rakernis ini jangan dijadikan kegiatan rutin dan formalitas saja, tetapi ambil manfaat dan pembekalan oleh pemateri sehingga dapat dijadikan panduan dalam melaksanakan tugas.

“Bidpropam dalam hal ini bertujuan untuk menghadapi dan mendukung kebijakan pimpinan dalam misi pengawasan internal untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dan upaya untuk meminimalisir segala bentuk pelanggaran dan penyimpangan anggota Polri dan Asn Polda Kaltim” tutur Kapolda Kaltim.

“Tingkatkan pengawasan dan waspadai potensi pelanggaran disiplin maupun kode etik dalam pelaksanaan tahapan Pileg dan Pilpres tahun 2019, Tingkatkan koordinasi dan soliditas dengan Pom TNI dalam pelaksanaan tugas untuk meminimalisir gesekan atau konflik TNI – Polri dimanapun saudara bertugas” tambahnya.

Kabid Propam Polda Kaltim menambahkan, secara hakiki fungsi Propam ada dalam satu sistem dalam penyelenggaraan fungsi kepolisian ditingkat Polda. Disitu ada fungsi utama dan ada fungsi pendukung, serta fungsi penjamin mutu. Propam masuk didalam fungsi penjamin mutu didalamnya yang pertama terkait menjamin kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, SOP dan Kode etik.

“Kedua fungsi Propam sebagai penjamin mutu juga berfungsi menjamin ketertiban. Propam patuh kepada peraturan, disiplin dan solid. Selanjutnya yang ketiga menjamin keamanan. Apakah itu keamanan personil, pengamanan materil, pengamanan dokumen dan pengamanan informasi. Dan yang terakhir Propam juga berfungsi menjaga marwah/kehormatan Polri,” ujar Kabid Propam Polda Kaltim Kombes Pol. Roni Bahtiar Arief

Kabid Propam Polda Kalsel menekankan keempat hakiki dari tugas dan fungsi Propam tersebut harus betul-betul dipahami oleh seluruh penyelenggara fungsi Propam.

“Untuk bisa menjalankan 4 tugas propam ini diperlukan anggota yang memiliki kemampuan, keterampilan dan integritas. Artinya anggota yang bertugas di Fungsi Propam harus orang orang yang yang memiliki integritas. Tidak mudah menjadi anggota Propam, karena yang diurus adalah teman sendiri,” jelas Kabid Propam Polda Kaltim

Di tempat terpisah Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana menambahkan dengan Rakernis ini diharapkan mampu mewujudkan dan membangun program upaya pencegahan di bidang kepatuhan, bidang ketertiban, bidang pengamanan dan bidang menjaga kehormatan terhadap tindakan yang bisa berpengaruh terhadap rusaknya citra Polri. “Anggota Propam harus diawaki oleh personil yang tangguh yang bisa jadi tauladan, lebih tertib, lebih disiplin dan lebih professional,” tutur Ade Yaya

HUMAS POLDA KALTIM

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password