Jelang Pilpres 2019, Ini Arahan Kakorbinmas Baharkam Polri kepada Bhabinkamtibmas Jajaran Polda Kaltim

BALIKPAPAN, Poldakaltim.com,- Dalam rangka meningkatkan profesionalisme, Polda Kaltim terima Supervisi Sub Satgas Kemitraan Satgas Nusantara dan Pengarahan Kakorbinmas Baharkam Mabes Polri kepada Kasat binmas, Kanit Binmas, serta Bhabinkamtibmas jajaran Polda Kaltim di Ruang Mahakam Mapolda Kaltim, Kamis (09/08/2018).

Kedatangan Kakorbinmas Mabes Polri sebelumnya disambut oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol. Drs. Priyo Widyanto, M.M., beserta Wakapolda Kaltim dan Para Pejabat Utama Polda Kaltim. Kakorbinmas Mabes Polri Irjen Pol Drs Arkian Lubis dalam kunjungan kerja tersebut turut didampingi oleh Tim yang terdiri dari Kombes Pol Drs Ricky F Wakano, Kombes Pol Drs Zuhdi, Akbp Hari Ningtia, Kompol Joko, dan Kompol Ning Sri.

Dalam sambutan Kapolda Kaltim menyampaikan terimakasih atas kedatangan Kakor Binmas Polri dan rombongan untuk memberikan arahan kepada pengemban fungsi Binmas di Polda Kalimantan Timur
Kapolda Kaltim juga menyampaikan terimakasihnya kepada para jajaran pengemban fungsi Binmas yang hadir atas kerja keras dan dedikasinya yang telah ditunjukkan dalam pelaksanaan tugas tugas preemtif kepolisian demi terwujudnya situasi kamtibmas yang kondusif.

“Salah satu ciri Polisi masa depan adalah Polisi yang mengutamakan pencegahan. Karena itu Bhabinkamtibmas adalah representasi Polri yang berinteraksi langsung dengan masyarakat dalam mengemban fungsi pencegahan atau preemtif,” ujar Kapolda Kaltim

Para pengemban fungsi Binmas juga berperan sebagai mata dan telinga pimpinan yang paling terdepan untuk melakukan deteksi dini terhadap potensi gangguan kamtibmas.
“Sekaligus diharapkan yang pertama sekali dapat melakukan tindakan persuasif terhadap berbagai ancaman dan gangguan kamtibmas tersebut,” lanjutnya.

Usai sambutan Kapolda Kaltim, acara dilanjutkan dengan pengarahan yang disampaikan oleh Kakorbinmas Polri langsung kepada pengemban fungsi Binmas jajaran Polda Kalimantan Timur.

Dalam arahannya Kakorbinmas Polri mengajak para Bhabinkamtibmas agar peka terhadap situasi dan peduli dengan lingkungan desa binaannya. Bhabinkamtibmas harus turun ke desa menyatu dengan masyarakat unutk mengethaui setiap kejadian dan informasi yang berkembang. Mengingat saat ini banyak pengungkapan kasus seperti terorisme dan cyber crime. Tidak hanya itu bhabinkamtibmas juga diminta untuk mewaspadai jaringan gerakan radikalisme dan intoleransi.

“Laksanakan Door to Door System, Binluh, tatap muka, problem solving, deteksi dini terkait radikalisme, serta menerima informasi tindak pidana” tuturnya

Jendaral Bintang Dua ini mengungkapkan, hal yang paling penting dalam arahannya adalah pengamanan Pileg dan Pilres 2019 Serentak di Indonesia harus aman sesuai Commander Wish Kapolri. Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak Polri yang bersentuhan langsung masyarakat harus bertugas dengan ekstra saat berlangsungnya tahapan Pileg dan Pilpres.

“apapun masalah yang di desa segera dilaporkan ke kapolsek agara segera mendapat penanganan dan solusi dehingga masalah cepat terselesaikan” tutur Irjen Pol Drs Arkian Lubis

HUMAS POLDA KALTIM

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password