Kasatgasda OMB Polda Kaltim Gelar Rapat Koordinasi Terkait Sispamkota Jelang Pemilu 2019

BALIKPAPAN, Poldakaltim.com,- Karo Ops Polda Kaltim Kombes Pol. Heri Heryandi, S.I.K., dan Dir Samapta Polda Kaltim Kombes Pol. Drs. Thofan Herinoto memimpin rapat koordinasi kesiapan pengamanan Kampanye Pilpres dan kesiapan Operasi Gelar Pasukan OMB dalam Sispam Kota tahun 2019, bertempat di Ruang Posko Digital Polda Kaltim, Senin (18/03/2019).

Acara diawali dengan penjelasan tentang struktur organisasi latihan dari Karo Ops Polda Kaltim Kombes Pol. Heri Heryandi, S.I.K.,  Ia meminta kepada pejabat yang sudah ditunjuk, dalam pelaksanaan nanti agar tidak menyimpang dari tupoksinya masing-masing. Sehingga seluruh rangkaian pelaksanaan Simulasi dapat berjalan dengan lancar.

Karo Ops Polda Kaltim mengatakan Simulasi Pengamanan Kota (Sispamkota) ini bertujuan untuk mengantisipasi segala bentuk permasalahan yang mungkin timbul pada tahapan Pemilu serentak tahun 2019, Polri sebagai penanggungjawab keamanan harus melaksanakan pengamanan secara maksimal.

Polda Kaltim akan bersinergi dengan instansi terkait seperti TNI, Dishub, Satpol PP dan Damkar. “Kami bersama TNI siap mengawal pelaksanaan pemilu dan diharapkan masyarakat dapat berpikir rasional dalam menyikapi segala isu terkait pesta demokrasi tahun ini,” tutur Heri

Selanjutnya Dir Samapta Polda Kaltim selaku kasatgasda OMB menambahkan kegiatan ini merupakan langkah melakukan persiapan Operasi Mata Brata, agar pelaksanaan pemilu mendatang dapat berlangsung kondusif, lancar sehingga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat menyukseskan pesta demokrasi ini.

“TNI bersama Polri secepat mungkin menanggapi masalah di masyarakat. Oleh karena itu, setiap anggota diminta harus mengetahui pedoman mengawal pemilu, perkembangan dunia berubah dengan cepat yang ditandai landscape politik,” tuturnya

Selain itu, jajaran mulai dari tingkat bawah hingga atas harus bekerja sama, demi menjaga keamanan agar kondusif. Jangan sampai terjadi chaos dan berkembang menjadi lebih besar.

“Prajurit TNI – Polri harus bersinergi dengan semua pihak, baik KPU, parpol dan tokoh masyarakat. Pengalaman TNI Polri mengamankan pemilu dapat menjadi referensi. Namun kondisi emosional pemilu kali ini berbeda dari pemilu sebelumnya,” katanya.

HUMAS POLDA KALTIM

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password