Pantau Situasi Masa Tenang Pemilu 2019, Polda Kaltim Ikuti Vicon Bersama Menkopolhukam

BALIKPAPAN, Poldakaltim.com,- Kapolda Kaltim bersama Pangdam VI Mulawarman, Kajati Kaltim, Kabinda Kaltim, Ketua KPU Kaltim dan instansi penyelenggara Pemilu 2019 lainnya mengikuti Video Conference (Vicon) bersama Menko Polhukam terkait situasi di masa tenang Pemilu 2019, bertempat di Ruang Vicon Mapolda Kaltim, Senin (15/04/2019).

Vicon yang digelar tersebut merupakan rapat koordinasi yang dihadiri pula oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Ketua KPU Arief Budiman, Mendagri Tjahjo Kumolo, Jaksa Agung M Prasetyo, Menkominfo Rudiantara, dan Ketua Bawaslu Abhan di gedung Kemenko Polhukam Jakarta.

“Hari ini kita akan menggelar rapat koordinasi secara menyeluruh, baik tingkat pusat maupun tingkat daerah. Kita bersyukur pada akhirnya kita sampai kepada penghujung hari H, saat jutaan rakyat Indonesia serentak akan memberikan suaranya atau hak pilihnya baik untuk di tingkat pusat maupun tingkat daerah” tutur Wiranto

Menko Polhukam Wiranto berpesan kepada aparat di daerah untuk tetap menjaga netralitas. Selain itu, Polri dan TNI diminta mewaspadai kecurangan dan gangguan menjelang pencoblosan nanti.

“Kawal mobilisasi dan penghitungan suara secara ketat untuk tidak ada gangguan atau menghindari kecurangan-kecurangan yang dapat mengganggu jalannya perhitungan suara, ini yang sudah berkali-kali disampaikan oleh panglima TNI maupun Kapolri jaga netralitas sebagai aparat keamanan yang baik dan terpercaya,” ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, seusai Video Conference dilaksanakan Kapolda Kaltim Irjen Pol. Drs. Priyo Widyanto, M.M., memberikan beberapa arahan kepada para peserta rapat Koordinasi terkait pengamanan tahapan pencoblosan yang akan dilaksanakan pada 17 April mendatang.

“mari kita tingkatkan sinergitas dan soliditas TNI-Polri dan seluruh komponen masyarakat, sehingga terwujud kerjasama dan koordinasi yang baik dalam melaksanakan pengamanan tempat pemungutan suara. Cermati perkembangan situasi dan kondisi, antisipasi dan selalu menjaga kewaspadaan terhadap pihak-pihak yang akan membuat kekacauan, kerusuhan dan tindakan anarkis, mari bersama-sama kita wujudkan pesta demokrasi yang aman, lancar dan terkendali” tutur Kapolda

HUMAS POLDA KALTIM

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password