Polda Kaltim Perkuat Sinergi dengan Forum Media Sosial Kaltim

Poldakaltim.com, Balikpapan – Di era keterbukaan informasi saat ini, media sosial merupakan salah satu media paling efektif dalam menyebarkan informasi. Dengan keunggulan itu, media sosial juga bisa menjadi ancaman.

Pasalnya, cepatnya arus informasi yang bertebaran di media sosial tidak semuanya mengacu pada fakta. Nyatanya sejak Pilgub DKI Jakarta dua tahun silam, media sosial merupakan platform yang paling efektif menyebarkan berita hoax, hate speech dan isu SARA di tengah masyarakat.

Menyadari keunggulan dan ketidaksempurnaan media sosial tersebut, Polda Kaltim mengambil sikap mengumpulkan seluruh admin akun media sosial berbasis informasi kota di wilayah Kaltim hingga terbentuklah Forum Media Sosial Kaltim.

Meski belum sepenuhnya resmi berdiri sebagai forum, para admin tersebut kerap diajak Polda Kaltim bersinergi guna memerangi berita hoax, hate speech dan isu SARA di dunia maya.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol. Ade Yaya Suryana mengatakan, pihaknya sampai saat ini akan terus mendukung forum tersebut menciptakan iklim bermedia sosial yang positif.

“Kita imbau para admin untuk memilah informasi yang akan mereka posting apakah akan merugikan pihak lain atau tidak, informasinya sudah sesuai fakta atau tidak dan sejenisnya,” sebutnya.

Untuk lebih memperkuat sinergitas Polda Kaltim dan Forum Media Sosial Kaltim, jajaran Bid Humas Polda Kaltim menggelar silaturahmi dengan para admin media sosial tersebut, pada Rabu (26/6/2019) siang di kawasan Pasar Segar Balikpapan.

Dalam acara tersebut, Kombes Pol. Ade juga mengajak para admin untuk sharing terkait pemanfaatan media sosial yang baik dan bijak dalam bermedia sosial.

Mengenai Hari Bhayangkara ke-73 mendatang, Kombes Pol. Ade juga mengajak para admin untuk ambil bagian dalam Lomba Foto dan Vlog yang digelar oleh Mabes Polri yang dimulai sejak 15 Juni sampai 3 Juli 2019.

“Mereka kan juga jago membuat konten baik foto atau vlog terkait kamtibmas dan anti hoax. Kalaupun belum menang, lomba ini bisa menjadi pelecut semangat para admin untuk berkreasi lebih baik lagi ke depannya,” ucapnya.

Acara silaturahmi Bid Humas Polda Kaltim dengan Forum Media Sosial Kaltim itu dihadiri 12 orang admin media sosial berbasis di Balikpapan dengan akun yang berbeda. Ke depan, Kombes Pol. Ade berharap, admin media sosial yang berbasis di luar Balikpapan juga bisa ikut dalam acara sejenis.

“Bid Humas Polda Kaltim memang menginginkan agar pegiat media sosial di seluruh Kaltim bisa kita ajak sinergi, agar Kaltim semakin bersih dari sebaran berita hoax, hate speech, isu SARA dan konten-konten yang berpotensi mengganggu kamtibmas,” katanya.

“Kami juga mengucapkan terima kasih pada seluruh admin media sosial di Kaltim yang kerap membantu menyebarkan info positif dari Polri atau dari pemerintah untuk masyarakat luas,” tutupnya.

HUMAS POLDA KALTIM

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password