HUT Bhayangkara ke-73, Polda Kaltim Gelar Upacara Pencucian Pataka

Poldakaltim.com, Balikpapan – Polda Kalimantan Timur menggelar acara pencucian pataka saat memperingati Hari Bhayangkara ke-73 di Ruang Mahakam Polda Kaltim, Senin (01/07). Pencucian ini dipimpin langsung oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto, M.M., dan diikuti oleh Wakapolda Kaltim beserta Para Pejabat Utama Polda Kaltim dan Jajarannya.

Diawali menyanyikan lagu mars polri dan dilanjutkan masuknya pasukan pembawa panji-panji Kepolisian Negara Republik Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan pencucian.

Upacara pencucian Pataka Polda Kaltim kali ini mengangkat tema “Dengan Semangat Promoter, Pengabdian Polri Untuk Masyarakat, Bangsa Dan Negara”

Kapolda Kaltim menjelaskan pencucian pataka merupakan tradisi yang diselenggarakan Polda setiap tahunnya untuk memperingati Hari Bhayangkara. Pencucian pataka sendiri memiliki makna mengajak kembali anggota polri yang suci dan murni sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

“Pencucian pataka ini merupakan simbol yang mengingatkan bahwa kita disini ada organisasi dan lembaga yang mana tempat kita bekerja, mencari makan, berkreasi dan mendapat kehidupan. Jadi kita harus menjaga organisasi ini,” tutur Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto, M.M.

Kemudian ia berharap dengan adanya tradisi pencucian Pataka ini dapat memberikan getaran semangat sebagai Bhayangkara untuk dapat melaksanakan tugas yang diberikan oleh negara dengan sebaik-baiknya.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana menyampaikan bahwa Pencucian Pataka merupakan tradisi yang setiap tahun rutin dilakukan pada saat peringatan HUT Bhayangkara.

Humas Polda Kaltim

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password