Ketua Wasi bersama OASE Tanam Pohon Mangrove dan Bersihkan Pantai di Lamaru

Poldakaltim.com Balikpapan — Usai menghadiri Peringatan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke-67 tahun 2019 di Lapangan Merdeka Balikpapan, Istri Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., yang juga Ketua Umum Wanita Selam Indonesia (WASI) Ny. Tri Tito Karnavian bersama rombongan dari Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE) langsung bertolak ke Pantai Lamaru, Balikpapan Timur, guna melaksanakan kegiatan bersih pantai dan penanaman mangrove, Selasa (23/7/2019).

Ny. Tri Tito Karnavian bersama rombongan tiba di Pantai Lamaru sekitar pukul 14.30 Wita dengan dikawal ketat personel pengamanan dari Polda Kaltim.

Setiba di lokasi, Ketua Umum Bhayangkari tersebut menyerahkan alat kebersihan dan pohon mangrove serta tali asih kepada perwakilan masyarakat peduli mangrove.

Selanjutnya, Tri Tito Karnavian turun langsung ke pantai dan bergabung dengan masyarakat untuk meninjau lokasi pantai, serta berbincang dengan pemerhati sampah plastik di Pantai Lamaru, Balikpapan.

Akhir kegiatan, Ketua Umum Wasi Tri Tito Karnavian dan OASE Kabinet Kerja Uga Wiranto, melaksanakan penanaman 600 pohon mangrove bersama seluruh peserta yang hadir.

Sebelum melakukan penanaman, Ny. Tri Tito Karnavian mengimbau masyarakat untuk menjaga kelestarian pohon mangrove yang memiliki banyak fungsi dan manfaat, salah satunya mencegah abrasi dan derasnya gelombang air laut.

“Ayo kita jaga hutan mangrove yang ada di pesisir pantai Kota Balikpapan,” pintanya.

Sementara itu, OASE Kabinet Kerja yang juga istri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, Uga Wiranto mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut, adalah program Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang wajib dilaksanakan guna menjaga alam Indonesia agar tetap lestari.

Ia meminta dukungan masyarakat agar program penanaman pohon mangrove tersebut terus berjalan secara rutin, sehingga hutan mangrove di Kota Balikpapan dapat terus terjaga kelestariannya.

“Bayangkan kalau satu orang menanam 25 pohon mangrove selama hidupnya. Percayalah hutan mangrove di Indonesia akan lestari,” pungkasnya.

Usai melakukan penanaman mangrove, kegiatan dilanjutkan dengan press conference bersama awak media, kemudian diakhiri dengan ramah tamah.

HUMAS POLDA KALTIM

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password