Sat lantas Polres Paser Himbau Pengendara Pakai Helm Sampai Bunyi Klik

Poldakaltim.com PASER – Sat lantas Polres Paser sabtu (04/08/2019) Kewajiban menggunakan helm standar nasional Indonesia bagi pengendara sepeda motor sudah diatur dalam Pasal 57 ayat (1) jo ayat (2) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang berbunyi pertama setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di Jalan wajib dilengkapi dengan perlengkapan kendaraan bermotor, Kedua perlengkapan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bagi Sepeda Motor berupa helm tandar nasional Indonesia, Selain itu, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 106 ayat (8) mengatur bahwa setiap orang yang mengemudikan sepeda motor dan penumpang sepeda motor wajib mengenakan helm yang memenuhi standar nasional Indonesia.

Jadi, berdasarkan ketentuan di atas pengendara motor baik pengemudi maupun penumpang diwajibkan menggunakan helm dengan standar nasional Indonesia. Apabila melanggar, ancaman atas pelanggaran tersebut diatur dalam Pasal 291 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang berbunyi Pertama setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor tidak mengenakan helm standar nasional Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (8) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah), Kedu setiap orang yang mengemudikan sepeda motor yang membiarkan penumpangnya tidak mengenakan helm sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (8) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Sering kali masyarakat tidak menghiraukan penggunaan helm yang baik dan benar yaitu menggunakan helm dengan mengunci helm sampai berbunyi klik, Karena dengan demikian keamanan dan terjaminnya perlindungan kepala dengan penggunaan helm menjadi lebih maksimal terlindungi. Maka dari pada itu Kasat Lantas Polres Polres paser AKP Dodik H. yang pada kesempatan ini diwakilkan oleh Kanit Laka IPTU H. Kamin, Bripka Benny dan Bripda Navrida sebagai anggota Polri diberikan tugas sesuai dengan undang-undang untuk memastikan keamanan dan keselamatan pengguna fasilitas umum yaitu jalan dengan ini memberikan pengetahuan dan teguran kepada masyarakat yang masih belum patuh dan taat dalam penggunaan helm yang baik dan benar demi terciptanyan pengendara yang berkeselamatan di jalan raya.

‘’Diharapkan dari kegiatan ini dapat memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat akan pentingnya mengunci helm sampai berbunyi klik saat berkendara di jalan guna mewujudkan pengendara sepeda motor yang berkeselamatan’’, Ujar Kasat Lantas Polres Paser.

HUMAS POLDA KALTIM

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password