Kapolda Kaltim Pimpin Renungan Sambut HUT RI ke-74

Poldakaltim.com SAMARINDA — Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 74 Kemerdekaan RI  tahun 2019 tinggal hitungan detik. Gegap gempita akan peristiwa bersejarah negeri ini diisi Polda Kaltim dengan renungan suci dan apel kehormatan, pada Sabtu (17/7/2019) malam tepat pukul 00.00 WITA di Taman Makam Pahlawan Samarinda.

Seluruh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim maupun Pemkot Samarinda ikut ambil bagian dalam acara ini.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci kali ini dilaksanakan secara sakral oleh sejumlah peserta yang berasal dari kalangan Instansi Pemerintah Daerah setempat dan TNI/POLRI.

Tradisi ini dilakukan setiap tahun sebagai bentuk penghormatan kepada Pahlawan Kemerdekaan Indonesia yang telah mengorbankan segalanya untuk kemerdekaan negeri ini.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kapolda Kaltim Irjen Pol. Drs. Priyo Widyanto, MM, membacakan ikrar kepada para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan, kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta.

Usai apel, Kapolda Kaltim mengatakan, bangsa ini harus selalu mengenang jasa para pahlawan.

“Para pahlawan pendahulu kita harus dihormati dan diingat jasanya. Karena mereka sudah mengorbankan harta, bahkan nyawa, demi merdekanya bangsa kita,” tegasnya.

Kapolda melanjutkan, kegiatan ini digelar untuk mengingatkan seluruh peserta agar mengingat sejarah.

“Rasa yang kita alami saat renungan ini juga harus ditularkan ke generasi muda. Para milenial harus punya rasa nasionalisme yang tinggi,” sebutnya.

Kapolda Kaltim juga berpesan kepada masyarakat Kaltim untuk dapat melanjutkan perjuangan dari para pahlawan.

“Karena kita tidak lagi berperang melawan penjajah, maka perjuangan pahlawan bisa kita lanjutkan dengan ikut membangun negeri ini sesuai tugas dan fungsinya masing-masing,” bebernya.

Kegiatan serupa juga dilaksanakan oleh Polres dan Polresta jajaran Polda Kaltim di wilayah masing-masing.

HUMAS POLDA KALTIM

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password