Meriahkan HUT Lantas Ke-64, Polres Paser Gelar Lomba Polisi Cilik

Poldakaltim.com, PASER – Menanamkan budaya tertib berlalu lintas sejak dini, Polisi cilik (Pocil) Polres Paser ikut lomba Polisi Cilik dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Polisi Lalu Lintas (Polantas) yang ke 64 tahun 2019.

Rabu, 12 September 2019 Kasat Lantas Polres Paser AKP Donny Dwija  Romansa, ST,S.I.K menyambut  Tim penilai Perlombaan Polisi Cilik (Pocil) dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kaltim, bertempat di Lapangan Indor Polres Paser.

Tim penilai Perlombaan Polisi Cilik (Pocil) dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kaltim dipimpin oleh Kompol I.G. Nyoman Sudiarta, Bripka Risbianto, Brigpol Suwarto, kegiatan lomba Pocil diikuti oleh seluruh Polres Jajaran polda kaltim di masing masing polres.

Pelatih Pocil Polres Paser, sekaligus Kanit Dikyasa Aipda Indrawan K  mengatakan jumlah siswa peserta yang masuk dalam pasukan Pocil ini sebanyak 31 orang yang direkrut dari sekolah tingkat Dasar (SD) 031 Tanah Grogot.

Dalam persiapannya sebelum ikut lomba, peserta Pocil ini dilatih selama kurang lebih 1 bulan. Peserta Pocil ini diberikan latihan baris berbaris yang disalingi formasi,” ungkap Pelatih Pocil Polres Paser, Aipda Indrawan.

Sementara Kasat Lantas Polres Paser AKP Donny Dwija  Romansa, ST,S.I.K mengatakan peserta Pocil binaan Polres Paser ini sudah terlatih.

“Kegiatan ini tentunya bertujuan untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan, dan disiplin sehingga selalu dapat mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan pribadi dan juga menanamkan rasa tanggung jawab,” tegas Donny.

Ia menambahkan, giat Positif di tengah-tengah adanya kejadian yang sering menimpa pada anak-anak selain membentuk karakter pada adik-adik, juga mendekatkan Polisi dengan masyarakat, bukankah polisi itu sahabat masyarakat juga sahabat anak.

“Jadi adik-adik jangan takut pada Polisi Jangan takut masuk ke kantor polisi,” Seru kasat lantas.

Tim penilai Perlombaan Polisi Cilik (Pocil) dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kaltim Kompol I.G. Nyoman Sudiarta mengatakan seluruh tim Pocil Polres paser menampilkan aneka gerakan baris berbaris dan gerakan pengaturan lalu lintas, dan para peserta tampak penuh semangat dan kompak.

Sementara dalam aspek penilaian, menurutnya ada penilaian khusus seperti 12 gerakan wajib untuk pengaturan lalu lintas, gerakan seni (kreasi) serta baris berbaris.

“Dalam penilaian tersebut, 12 gerakan wajib itu dinilai langsung oleh polisi.,” tuturnya.

Kapolres Paser melalui Kasat Lantas Polres Paser AKP Donny Dwija  Romansa, ST,S.I.K mengatakan Dengan adanya lomba Pocil ini, anak-anak akan terlatih sejak dini menjadi pribadi yang memiliki sikap disiplin, patuh dan taat pada peraturan lalu lintas dan jiwa yang dimiliki oleh Polisi Cilik harus ditanamkan sejak dini mulai dari tingkat TK, SD, SMP hingga SMA.

HUMAS POLDA KALTIM

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password