Polres Paser Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019

Poldakaltim.com, TANA PASER – Guna mengenang Jasa Para Pahlawan Republik Indonesia, Polres Paser menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2019, bertempat di halaman mako Polres Paser, Minggu (10/11/19) pagi.

Tanggal 10 November, merupakan Hari Pahlawan yang selalu diperingati Bangsa Indonesia sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para Pahlawan kusuma Bangsa.

Upacara dimulai pukul 07.00 Wita dipimpin oleh Kapolres Paser yang diwakili oleh Kabag Ren Polres Paser D. Sitohang, SH bertindak sebagai Inspektur Upacara, sedangkan Komandan Upacara IPDA Adi, Perwira Upacara IPTU Andi Bagus Wijaksono, S.H. dan Upacara tersebut di ikuti oleh para Kabag, Kasat, Kasi, Perwira dan seluruh anggota dan ASN Polres Paser.

Adapun susunan upacara terdiri dari pengibaran bendera merah putih, mengheningkan cipta, dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila, teks pembukaan UUD 1945 dan pembacaan pesan pesan Pahlawan serta Amanat Inspektur Upacara.

Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 yang mengambil tema “Aku Pahlawan Masa Kini“, diharapakan setiap insan masyarakat Indonesia memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk berjuang membangun Negeri sesuai dengan kemampuan.

Kapolres Paser diwakili Kabag Ren Polres paser D. Sitohang, SH, dalam sambutannya  Amantnya mengatakan bahwa peringatan hari Pahlawan sebagai momen refleksi untuk mengenang atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

Hari Pahlawan yang diperingati didasarkan pada peristiwa terhebat dalam riwayat sejarah Dekolonisasi dunia, yakni “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya, sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia Internasional, betapa segenap Bangsa Indonesia dari berbagai Ras, Suku, Agama, Budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan-bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan Kemerdekan Indonesia.

Melalui momentum peringatan hari Pahlawan 10 November 2019, Diharapkan keteladanan para pahlawan menjadi modal bagi segenap komponen bangsa dalam menjaga, memelihara, dan memperkokoh persatuan dalam membangun negeri. Mengingatkan bahwa kemerdekaan yang dinikmati hari ini merupakan hasil jerih payah, cucuran keringat dan tetasan air mata, serta tumpahan darah para pahlawan.

Dengan menjadi Pahlawan masa kini, maka setiap insane masyarakat Indonesia kiranya dapat menjaga keharmonisan berbangsa dan bernegara dalam bingkai Negara kesatuan RI dengan selalu mengutamakan kepentingan bangsa dan Negara diatas kepetingan pribadi dan golongan.

Pada kesempatan baik ini mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk Menjadi pahlawan masa kini dengan berlomba – lomba menunjukkan prestasi yang membanggakan serta dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan Negara, yang dapat dimulai dari diri sendiri, lingkungan keluaraga, lingkungan tempat tinggal dan sebagainya, kiranya semangat pahlawan selalu bersemayam dihati sanubari kita semua, “Selamat Hari Pahlawan Tahun 2019, Merdeka” dan menutup sambutannya.

HUMAS POLDA KALTIM

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password