Profil Kapolda Kaltim, Irjen Pol Drs. Muktiono, SH, MH

Poldakaltim.com, Balikpapan – Tongkat Kepemimpinan Kepala Polisi Daerah Kalimantan Timur mengalami peralihan.

Sesuai Telegram Kapolri No 3020 bulan November 2019, Irjen Pol. Drs Muktiono, SH, MH menjabat sebagai pimpinan tertinggi Polri di Banua Etam. Hal ini ditandai saat upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) di aula Gedung Awaloeddin Djamin Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Selasa (19/11).

Sebelumnya, Perwira tinggi kelahiran 19 Agustus 1963 tersebut dipercaya  sebagai Koorsahli Kapolri selama lebih dari 2 tahun.

Ini merupakan kali ketiga alumni Akpol 1985 yang mengawali karir kepolisiannya sebagai Pama Brimob tersebut menjabat Kapolda,  sebelumnya tugas kepemimpinan berada di Polda Maluku dan Polda Sulsel.

Irjen Pol. Muktiono dikenal sebagai sosok yang tegas namun humanis. Ketegasannya tercermin antara lain  dari keseriusan sang jenderal dalam memberantas narkoba.

Di samping itu, komitmen menjaga NKRI diwujudkan dengan berdiri di garis depan dalam pemberantasan paham radikal di Sulawesi Selatan. Irjen Pol. Muktiono menginisiasi dua upaya dalam memerangi radikalisme, yakni deradikalisasi dan kontra-radikalisasi.

Ia menggandeng BNPT dalam mende-radikalisasi masyarakat yang terpapar, serta memperbanyak sosialisasi sebagai pencegahan paham radikal kepada masyarakat.

Di sisi lain, Irjen Pol. Muktiono juga gencar  memerangi ujaran kebencian, khususnya menjelang masa Pemilu 2019 lalu.

Ayah empat anak itu dengan tegas menjerat  pelaku penyebar ujaran kebencian sesuai yang diatur dalam UU ITE. Sedangkan sisi humanis Irjen Pol. Muktiono tercermin dari kepekaannya pada kondisi sosial masyarakat.

Kepedulian Irjen Pol. Muktiono itu pula yang membuat Kapolri menunjuknya untuk memegang tugas sebagai Kepala Satgas Bansos Kementerian Sosial RI.

Jebolan Sespati 2018 itu juga kerap memberikan bantuan kepada masyarakat, termasuk merenovasi rumah warga yang tidak layak.

Kepedulian sosialnya terus terjaga hingga saat  menjabat sebagai Koorsahli Kapolri. Ia pernah terjun langsung dalam penanganan bencana gempa dan longsor di Palu beberapa waktu lalu.

Ia memimpin penyaluran bantuan kepada masyarakat di daerah yang terisolir karena putusnya akses. Di luar itu, Irjen Pol. Muktiono juga dikenal sebagai pribadi yang aktif berkomunikasi.

Kegemarannya itu dituangkan dengan memberikan kuliah umum kepada ratusan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar tentang peran Polri dalam mendukung pendidikan tinggi. Kapabilitas sebagai pemimpin ditandai dengan keberhasilannya membawa Polda Sulsel menjadi kepolisian yang mendepankan Misi Promoter.

Pria yang cakap berbahasa Inggris, Jawa dan Sunda ini juga pernah dianugerahi Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Pratama. Tentu, derap langkah keberhasilan itu tak lepas dari dukungan sang istri Dra. Ratu Diana Savitri dan keluarga.

Harmoni keluarga Irjen Pol. Muktiono tetap terjaga saat ia bertugas sebagai ujung tombak intelejen di daerah konflik. Pria yang gemar olahraga sepeda dan aktivitas trabas itu memang memiliki sepak terjang di dunia intelejen yang cukup panjang.

Dengan banyaknya pengalaman dan prestasi yang ia torehkan, Irjen Pol. Muktiono diyakini mampu menjaga   Kalimantan Timur menjadi semakin kondusif dan aman, serta membawa Polri makin profesional, modern dan terpercaya.

Keluarga Besar Polda Kaltim mengucapkan selamat datang Irjen Pol Muktiono di Bumi Banua Etam, dan selamat bertugas.

Humas Polda Kaltim

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password