Kapolres Pastikan Perayaan Malam Natal Di Kab.Kutai Timur Berlangsung Aman dan Kondusif

Poldakaltim.com, Sangatta – Seperti tahun-tahun sebelumnya, jelang puncak perayaan Natal 25 Desember, Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Mahakam yang dipimpin Kapolres Kutai Timur  AKBP Indras Budi Purnomo, SIK, MM melakukan kegiatan patrol, Selasa (24/12/2019) malam. Personil Gabungan yang tergabung dalam Operasi Lilin Mahakam 2019 melakukan patroli ke beberapa gereja yang melaksanakan ibadah malam Natal.

Patroli kali ini dipimpin Kapolres AKBP Indras Budi Purnomo, SIK, MM bersama Wakil Bupati H Kasmidi Bulang ST MM. Kedatangan tim patroli pun disambut baik oleh pengurus gereja dan pendeta yang memimpin ibadah malam Natal. Patroli memantau keamanan gereja –gereja yang menggelar ibadah perayaan Natal. “Meski sudah ada petugas kepolisian yang disiagakan menjaga keamanan gereja, namun, kami perlu juga melakukan patroli untuk kelancaran dan kenyamanan semua warga yang melaksanakan ibadah di malam Natal ini,” ungkap Kapolres Kutim. Ia pun bersyukur, pelaksanaan ibadah malam Natal, berlangsung aman dan lancar. Tidak ada gangguan keamanan dan ketertiban, teror maupun hal lainnya.

“Sampai kami selesai melaksanakan patroli, tidak ada hal-hal yang mengganggu kamtibmas yang terjadi. Laporan dari kecamatan juga sama. Semua berlangsung aman dan tertib,” terang Kapolres. Senada, Wakil Bupati Kutai Timur, H.Kasmidi Bulang,ST,MM yang mengikuti kegiatan tersebut, berharap pelaksanaan ibadah warga nasrani di gereja-gereja yang ada di Sangatta. Maupun seluruh Kabupaten Kutai Timur berjalan lancar, aman dan nyaman. Begitu juga pada perayaan Natal 2019 ini. Semoga semuanya berjalan lancar, aman dan nyaman. Karena Kutai Timur, bisa disebut sebagai Indonesia kecil. “Dimana warga dengan berbagai suku, budaya dan agama hidup berdampingan dengan rukun dan damai,” kata Wabup.

Pelaksanaan patroli dan pengamanan gereja dimulai dengan apel gabungan yang digelar di halaman Kantor Satlantas Polres Kutim, pada sore harinya. Tak kurang 362 personel gabungan, TNI-Polri, Dinas Perhubungan, PMI, Pramuka dan Dinas Kebakaran ikut dalam apel yang dipimpin lansung oleh Kapolres Kutim. Selain patroli, Polres Kutim juga telah menyiagakan satu hingga lima personelnya di seluruh gereja yang menggelar ibadah Natal di Wil.Kutai Timur. Di Sangatta sendiri ada 39 gereja yang menggelar ibadah Natal. Dengan jumlah personel pengamanan disesuaikan dengan kepadatan jemaat yang beribadah di gereja tersebut.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol. Ade Yaya Suryana mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas di Bumi Etam ini agar tetap aman dan kondusif. Mari kita isi bulan Desember ini dengan melakukan kegiatan positif,” tambahnya

HUMAS POLDA KALTIM

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password