Kapolres Paser Pimpin Rapat Koordinasi Antisipasi Karhutla

Poldakaltim.com, PASER- Dalam rangka menindaklanjuti arahan dan perintah Presiden RI Ir. H. Joko Widodo pada saat Rakornas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2019 yang digelar di Istana Negara, Jakarta, pada kamis, 6 Februari 2020. Maka untuk menindak lanjuti perihal tersebut, maka Polres Paser melaksanakan kegiatan Rakor dalam rangka Antisipasi Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Ruang Rupatama Polres , pada hari Rabu (13/02/2020).

Rakor ini dihadiri oleh Kapolres Paser AKBP Murwoto,S.H.,S.I.K, Dandim 0904/TNG Letkol Czi Widya Wijanarko,S.Sos.,M.Tr.Han, Waka Polres Paser, para PJU Polres Paser Staf Ahli Pemkab Paser Drh. Boy Susanto M.E, Dinas Perkebunan Kab Paser di wakili sdr. Rustam, Dinas Pertanian Kab Paser diwakili sdr. Muhaimin, Manggal Agni Kab Paser sdr. H. M Faisal, Dinas Lingkungan Hidup Kab Paser sdr. Teguh Haryanto, BPBD Kab Paser di wakili sdr. Ismail, Dinas Kesehatan Sdr. Abdul Rahim, Sat Pol PP sdr. H. Ismail. Serta perwakilan Pt. BIM dan AAMU.

Pada kesempatan tersebut Waka Polres Paser mewakili Kapolres Paser AKBP Murwoto,S.H.,S.I.K memberikan gambaran bahwa sesuai arahan Presiden bahwa Aparatur sipil Negara harus bersinergi dengan BPBD, Masyarakat dan Perusahaan untuk antisipasi terhadap bencana, khususnya Karhutla. Rapat koordinasi pencegahan dan penanggulangan karhutla bertujuan untuk menyampaikan tentang kesiapan dalam menghadapi musim kemarau, pada saat kemarau dimungkinkan ada titik api akibat karhutla. Untuk itu sengaja kita berkumpul untuk melaksanakan koordinasi,” papar waka polres.

Dalam kegiatan rakor ini Kabag Ops Polres Paser Kompol Bergas Hartoko S.E.,S.H.,M.H, memaparkan tentang sarana dan prasarana pencegahan dan penanggulangan Karhulla, lokasi lokasi yang dipredeksi rawan Karhutla di Wilayah Kab Paser, pembentukan dan letak posko karhutla, upaya upaya penanggulangan yang dilakukan oleh Polres Paser, serta kendala yang dihadapi.

Perwakilan Pt Bim Sdr.Sukarjo Juga menyampaikan paparan tentang kesiapan perusahaan dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla di areal perkebunan miliknya maupun di daerah sekitar perusahaan, “ bahwa pemantauan situasi kebun dari adanya kebakaran dengan melakukan patroli serta pemantauan dari posko pantau.” jelasnya

Selesai pemaparan materi, dilanjutkan dengan tanya jawab dengan para peserta rakor untuk lebih memperdalam cara antisipasi Karhutla di Wilayah Kabupaten Paser, pada sesi tanya jawab Kapolres Paser AKBP Murwoto,S.H.,S.I.K menyampaikan bahwa “ kebakaran itu berawal dari titik api yang kecil dikarenakan angin kencang sehingga menjadi besar”. Jelasnya.

Secara berkelanjutan Polres Paser beserta Polsek jajaran terus menerus melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya karhutla. Apabila membuka lahan untuk pertanian ataupun perkebunan diharapkan dengan tidak mengunakan cara di bakar.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana menambahkan dengan adanya kegiatan rutin seperti ini diharap masyarakat dapat bisa merasakan keamanan di lingkungannya dan dapat memberikan nilai positif, bahkan dapat dirindukan dan diharapkan selalu kehadirannya oleh masyarakat tutup Ade Yaya

HUMAS POLDA KALTIM

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password