Tingkatkan Keterampilan, Polres Kukar Gelar Latihan Penggunaan Senjata Gas Air Mata Bersama Lapas Peremuan Kelas II A Samarinda

Poldakaltim.com, KUKAR – Jalin silaturahmi dan jaga kekompakan Satuan Sabhara Polres Kukar (Kutai Kartanegara) dan Lapas Perempuan Kelas IIA Samarinda mengadakan latihan bersama keterampilan penggunaan senjata gas air mata pengurai massa bertempat di halaman Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara. Rabu (12/02/2020).

Latihan bersama yang dipimpin oleh Kanit Patroli Sat Sabhara IPDA Karman ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam menggunakan senjata pengurai massa. Selain itu, juga sebagai sarana untuk mengingatkan kembali prosedur cara bertindak personil dalam menghadapai massa di lapangan. “Selain itu juga bertujuan untuk mempersiapkan para anggota dalam peningkatan sumber daya manusia Polri dan Lapas Perempuan khususnya pembentukan personel yang terampil, profesional serta patuh hukum dan menjaga kekompakan antara Polres Kutai Kartanegara dengan Lapas Perempuan Kelas IIA Samarinda,” ujar IPDA Karman.

Menurutnya IPDA Karman, latihan bersama ini meliputi latihan dalam menggunakan senjata flash ball atau pelontar gas air mata, paper gun dan pemadam api.

“Latihan ini juga merupakan bentuk antisipasi kecelakaan dalam pengoperasian senjata pengurai massa seperti flash ball atau pelontar gas air mata dan paper gun. Dalam latihan ini seluruh anggota Sabhara dilatih cara yang baik dan benar dalam menggunakan senjata ini,” imbuh Waka Polres Kutai Kartanegara Kompol Wiwit Adisatria.

Kanit Patroli Sat Sabhara IPDA Karman menambahkan, flash ball atau pelontar gas air mata efektif melontarkan peluru gas air mata hingga 50 meter. Karena setelah ditembakkan akan keluar asap yang dapat memerihkan mata. Senjata ini berfungsi untuk menceraiberaikan massa yang beringas, baik dalam situasi tawuran atau aksi demo yang anarkis.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana menambahkan dengan adanya kegiatan rutin seperti ini diharap masyarakat dapat bisa merasakan keamanan di lingkungannya dan dapat memberikan nilai positif, bahkan dapat dirindukan dan diharapkan selalu kehadirannya oleh masyarakat tutup Ade Yaya

HUMAS POLDA KALTIM

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password