Berharap Corona Segera Usai, Polres Berau Himbau Warga Ikuti Anjuran Pemerintah

Poldakaltim.com, Tanjung Redeb – Polres Berau secara tegas menghimbau kepada masyarakat Bumi Batiwakkal agar bisa mengikuti anjuran yang sudah diberikan oleh pemerintah, Jumat (22/5/2020).

Anjuran yang dimaksud diantaranya adalah selama masa pandemi untuk tidak mudik, melaksanakan ibadah berjamaah di masjid, menghindari kerumunan yang memungkinkan terjadinya penularan virus corona.

Jelang Lebaran Idul Fitri, Kapolres Berau, AKBP Edy Setyanto Erning menegaskan pihaknya sudah mengerahkan personel untuk pengamanan lebaran di beberapa posko.

“Sesuai kesepakatan bersama Forkopimda, tidak dibenarkan adanya takbir keliling seperti lebaran tahun sebelumnya artinya kalau ada yang melaksanakannya maka akan kita tilang,”ungkap Kapolres Berau.

Menurut Kapolres, masalah ibadah adalah masalah yang cukup rumit dengan kondisi saat ini. Terlebih seringnya kesalahpahaman terkait persoalan ibadah berjamaah di masa pandemi Covid-19.

“Saya sendiri maunya beribadah salat ied misalnya berjamaah seperti umumnya, tetapi ya apa boleh buat kondisinya seperti ini,” jelasnya.

Oleh karena itu, dirinya akan meminta bantuan tokoh-tokoh agama dan masyarakat untuk memberikan pemahaman  kepada masyarakat Berau atau jamaahnya.

“Bagi yang masih berkeinginan berjamaah tolong mengerti saudara-saudara kita di dinas kesehatan di rumah sakit, termasuk saya sendiri, di Polri tidak ada libur, bahkan hari H tidak boleh libur,” ujarnya.

Termasuk warga yang melalui medsos mengajak dan menginformasikan untuk berjamaah di satu tempt adalah sikap yang sangat disayangkan ditengah kondisi sekarang ini.

“Apakah kita ingin tahun depan seperti ini lagi kalau sekarang masih tidak mau tertib,” tutupnya.

Sementara itu ditempat terpisah Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana, S.I.K., M.H., menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk saat ini lebih baik berdiam diri dahulu dirumah saja jika tidak ada kepentingan mendesak, mengingat pandemi Covid-19 belum berlalu. Kabid humas juga berpesan untuk selalu menggunakan masker hingga tetap terapkan Physical Distancing.

Humas Polda Kaltim

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password