Bhabinkamtibmas Menghimbau Kepada Warga Mengantisipasi Karhutlah

NUNUKAN – Diperkirakan curah hujan Bulan yang akan datang akan menurun di wilayah Kecamatan Lumbis kabupaten Nunukan. Tentu saja hal ini dapat memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang tentunya berdampak tidak baik terhadap kita semua. Dengan tidak membakar lahan atau hutan dengan sembarangan tentunya dapat mencegah terjadinya peristiwa itu.

Belajar dari pengalaman sebelumnya dimana pada saat curah hujan mulai menurun dan banyak orang yang membakar lahan dan hutan maka akan terjadi Karhutlah. Untuk mengantisipasi hal ini Bhabinkamtibmas Polsek Lumbis Bripda Deni Dwi Ramdi melaksanakan sambang langsung dengan para warga desa Deralon Kec. Lumbis Kab. Nunukan. Bhabinkamtibmas yang bertugas di Polsek Lumbis ini memberi himbauan langsung kepada para pekebun dan petani agar tidak membuka lahan perkubunan dengan cara membakar, jika memang tidak ada cara lain, agar pada saat membakar tidak ditinggal begitu saja dan harus di beri pembatas agar api tidak menyebar luas sehingga terjadi kebakaran hutan dan lahan. Rabu (08/02/27) pagi.

Bripda Deni juga mengimbau masyarakat menghindari pembakaran lahan dan hutan karena membahayakan keselamatan, kesehatan, dan melanggar hukum. Beliau mengatakan akan terus memberi pemahaman kepada warga desa agar tidak terjadi karhutlah di Desa Deralon Kec. Lumbis Kab. Nunukan ini. “Wilayah disini masih sangat hijau dan luas, jika terjadi karhutlah akan sangat sulit untuk memadamkannya. Untuk itu kami berupaya untuk mencegahnya dengan memberi himbauan kepada warga desa”, ungkap Bripda Deni Dwi Ramdi.

Selain memberikan himbauan Bhabinkamtibmas Polsek Lumbis ini juga memberikan pemahaman hukum tentang kasus Karhuah agar para warga desa dapat memahami akibat hukum dari pembakaran hutan dan lahan. “Agar mereka tahu sanksi bagi pelaku karhutlah, kami mencoba memberi pengetahuan hukum kepada mereka”, tegas Bripda Deni.

“Kami tegaskan agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar hutan karena pada musim kemarau seperti yang akan datang akan sangat berbahaya,” ungkap Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana menghimbau agar jangan membakar secara sembarangan kepada masyarakat secara langsung saat bertugas di lapangan. “Kami juga memerintahkan agar anggota melakukan patroli ke kebun-kebun masyarakat dan berikan penyuluhan langsung kepada masyarakat agar tidak terjadi kasus kebakaran hutan dan lahan,” ujarnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password