Kapolres PPU Bersilaturahmi Dengan Sejumlah Tokoh Agama Kabupaten PPU

Penajam Paser Utara -​ Kepala Kepolisian Resor Penajam Paser Utara AKBP Teddy Ristiawan, SH, SIK, MH melaksanakan kegiatan silaturahmi dengan sejumlah tokoh agama diwilayah Kabupaten Penajam Paser Utara pada hari Selasa (07/02/2017) pukul 09.30 Wita bertempat di Kantor Kesbangpol Kabupaten PPU.

Pada kegiatan tersebut AKBP Teddy Ristiawan, SH, SIK, MH didampingi Kasat Intelkam Polres PPU melaksanakan silaturahmi dengan sejumlah tokoh agama di Kabupaten PPU yakni Ketua FKUB sekaligus tokoh NU PPU H. Abdul Gani, Ketua MUI PPU H. Juhdi Panani, Kepala Kantor Kemenag PPU Drs. H. Maslekhan, Tokoh Pemuda Muhammadiyah Sdra. Daud Yusuf, Ketua PCNU Kecamatan Penajam  Sdra. Ashari, Kepala Badan Kesbangpol Drs. Rahman Nurhadi dan Kasubdit Iwasbang Drs. H. Amiruddin Laude.

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Teddy Ristiawan menyampaikan bahwasannya saat ini dampak situasi politik Pilkada DKI Jakarta 2017 mempengaruhi situasi kamtibmas di tiap daerah. Situasi kian memanas saat Ahok menyampaikan perkataan yang disampaikan pada saat Sidang kasus penistaan agama terhadap Ketua MUI Sdra. Ma’ruf Amin meskipun permasalahan tersebut telah selesai dengan saling memaafkannya kedua belah pihak. Akhir-akhir ini kembali terdengar kabar bahwasannya akan ada rencana aksi kembali di Jakarta pada tanggal 11 ataupun 12 Februari 2017 yang menuntut agar Ahok segera ditangkap.

Menyikapi hal tersebut, Kapolres PPU mengajak kepada sejumlah tokoh agama yang hadir untuk bersama-sama mengajak ataupun menyampaikan kepada umat, jemaah ataupun sanak saudaranya agar tidak mudah terprovokasi terkait isu-isu yang disebarkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang tidak jelas kebenarannya.

“Saya harap para tokoh agama dapat menjadi pencerah ataupun penyejuk bagi para umat atau jemaahnya maupun lingkungan sekitarnya sehingga masyarakat tidak mudah terprovokasi ataupun resah dengan isu-isu yang berkembang sehingga kondusifitas kamtibmas yang selama ini telah berjalan baik dapat senantiasa terjaga”, himbau Kapolres PPU AKBP Teddy Ristiawan, SH, SIK, MH

Lebih lanjut, AKBP Teddy Ristiawan juga turut menyampaikan agar para tokoh agama dapat mengajak para jemaahnya untuk tidak ikut melakukan aksi ke Jakarta. Mengingat dukungan kita terhadap saudara kita sesama umat Muslim yang melakukan aksi dapat dilakukan dengan cara mendoakannya agar permasalahan ini dapat segera terselesaikan.

Mendengar apa yang disampaikan oleh Kapolres PPU tersebut, secara umum para tokoh Agama yang hadir menyambut baik atas apa saran dan masukan yang disampaikan. Para tokoh agama pun sangat sependapat untuk bersama-sama memberikan pencerahan kepada jemaatnya untuk tidak mudah terprovokasi dengan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang dapat menimbulkan perselisihan antar umat beragama. Bahkan para tokoh agama berharap kegiatan seperti ini kedepan dilaksanakan secara rutin sehingga dapat menyamakan persepsi ataupun pendapat antara pihak Kepolisian dengan tokoh agama.

Ditemui usai melaksanakan kegiatan silaturahmi tersebut, Kapolres PPU AKBP Teddy Ristiawan, SH, SIK, MH mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk membangun komunikasi yang baik dan intens terutama dengan para tokoh agama sehingga akan tercipta kerukunan antar umat beragama serta mencegah terjadinya konflik vertikal maupun horizontal yang mengatasnamakan agama, yang selama ini tidak pernah terjadi di Kabupaten Penajam Paser Utara.

ditempat terpisah Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana menuturkan ” kegiatan ini untuk mendekatkan diri pada masyarakat , sehingga masyarakat merasa aman karena sudah ada polisi di sekelilingnya” tutup Kombes Pol. Ade Yaya Suryana.

Humas Polda kaltim*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password