Kapolda Kaltim Beserta Instansi Terkait Deklarasikan Komitmen Anti Hoax

Samarinda – Guna mempersiapkan deklarasi anti hoax di Kalimantan Timur (Kaltim), Diskominfo Kaltim mengundang beberapa pihak dalam pertemuan Selasa siang, 4 April 2017. Pertemuan ini dihadiri sejumlah jurnalis media cetak dan elektronik lokal maupun nasional se-Kaltim yang tergabung dalam anggota Gerakan Jurnalis Antihoax Kaltim.

Pertemuan bertempat di ruang WEIK kantor Kominfo Kaltim di Jalan Basuki Rahmad Samarinda, mulai pukul 13.00 WITA.

“Bersama kita rumuskan persiapan deklarasi anti hoax yang akan diselenggarakan bersama dengan kegiatan Kaltim Fair 2017,” kata Kepala Diskpminfo Kaltim, Abdullah Sani yang juga memimpin jalannya rapat.

Rencananya, Kaltim Fair 2017 bakal diselenggarakan mulai 14 April sampai dengan 23 Maret mendatang. Sedangkan, Deklarasi akan dijadwalkan sekita tanggal 22 April 2017.

Dalam diskusi kali ini, penjadwalan Deklarasi Anti Hoax akan dikukuhkan dengan kesepakatan bersama dan penandatanganan pada kertas dan spanduk yang telah disediakan. Penandatangan dilakukan oleh seluruh pejabat, tokoh, undangan dan peserta yang hadir di Plenary Hall, Sempaja, Samarinda.

Kesepakatan bersama juga akan ditandatangani Kadis Kominfo Kaltim, Ketua KPUD Kaltim, Ketua KPID Kaltim, Ketua KIP Kaltim, Ketua IJTI Kaltim, Kegua Gerakan Anti Hoax Kaltim yang diketahui Gubernur Kaltin, Pangdam VI, Kapolda Kaltim, dan Ketua DPRD Kaltim.

Kegiatan Deklarasi Anti Hoaz Kaltin rencananya akan disaksikan langsung oleh tokoh-tokoh penting di antaranya Menteri Kominfo, Menteri Dalam Negeri, Menteri Riset & Dikti, Gubernur Kaltara, dan undangan lain yang diagendakan hadir.

Selain itu, dalam rangkaian deklarasi juga akan di selenggarakan talkshow bertema sama dengan narasumber Menteri Kominfo, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Riset & Dikti.

Dalam deklarasi tersebut, akan ada kegiatan pemecahan rekor MURI yang baru pertama kali dilakukan di Indonesia.

“Agar menjadi komitmen kita bersama, akan ada penandatanganan komitmen melawan hoax oleh 1000 tokoh anti hoax. Kita juga akan memecahkan rekor MURI,” ucap Ketua Gerakan Anti Hoax Kaltim, Charles Siahaan.

Selain itu, dalam rangkaian acaea deklarasi Anto Hoax, secara langsung akan disiarkan seluruh media radio yang ada di Kaltim.

“Di acara talkshow, akan disiarkan langsung oleh radio seluruh Kaltim dan disiarkan beberapa media televisi lokal dan nasional,” ucap Komisioner KPID Kaltim, Akbar Ciptanto. (*)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password