Pawas dan KSPKT Regu I Laksanakan Pengecekan Tahanan di Rutan Mapolres PPU

Penajam Paser Utara -Pengecekan ruang tahanan merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan usai pelaksanaan serah terima penjagaan Polres Penajam Paser Utara guna mengecek jumlah tahanan serta mengecek kondisi kesehatan setiap tahanan, seperti halnya malam ini Kamis (06/04/2017).

Pengecekan tahanan tersebut dilaksanakan oleh Perwira Pengawas (Pawas) Ipda Usman Dharma didampingi KSPKT Regu I Aiptu Didi Apriyanto, Anggota Si Propam serta piket fungsi dan Anggota Jaga Tahanan. Dalam pelaksanaannya, Usman Dharma melaksanakan pengecekan mulai dari jumlah tahanan, kondisi kesehatan para tahanan hingga melaksanakan pengecekan dimasing-masing ruang tahanan guna mengecek jika ada barang-barang yang dilarang berada didalam ruang tahanan misalnya pisau, silet atau sejenisnya, tali, korek api serta barang-barang lain yang dapat membahayakan jiwa para tahanan.

Pengecekan ini dilaksanakan sehingga tahanan selalu dalam kondisi sehat, serta meminimalisir terjadinya tahanan yang berusaha kabur ataupun tahanan yang bunuh diri.

Pada saat pengecekan hari ini, jumlah tahanan yang berada di Mapolres Penajam Paser Utara berjumlah 21 orang dan secara keseluruhan dalam keadaan sehat. Selain itu, dalam pengecekan tersebut tidak ditemukan barang-barang terlarang berada didalam ruang tahanan.

Pada kesempatan itu pula, Ipda Usman Dharma menekankan kepada petugas jaga untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam pelaksanaan tugas. Laksanakan pengecekan secara berkala guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, Kapolres PPU AKBP Teddy Ristiawan, SH, SIK, MH mengatakan “pengecekan tahanan tersebut merupakan hal yang rutin dilaksanakan usai pelaksanaan serah terima penjagaan, dengan tujuan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan karena adanya barang-barang yang berbahaya yang dapat membahayakan jiwa para tahanan itu sendiri” kata Teddy Ristiawan.

ditempat terpisah Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana menuturkan ” kegiatan ini rutin dilakukan setelah serah terima penjagaan” tutup Kombes Pol. Ade Yaya Suryana.

Humas Polda kaltim

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password