Brimob Paser Gelar Peralatan Penanggulangan Bencana

TANA PASER – Dalam memperingati Hari Kesiap siagaan Bencana Nasional, Subden 3 Detasemen A Pelopor bersama Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Tana Paser dan Pemerintah Kabupaten Tana Paser melaksanakan gelar peralatan dan personil penanggulangan bencana. Upacara Kesiap siagaan ini sendiri dilaksanakan di lapangan SMA 2 Unggulan Paser dan dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Drs. Aji Sayid Fathur Rahman, MSi. Rabu (26/04/2017)

Dengan mengusung tema “Membangun Kesadaran, Kewaspadaan Dan Kesiap Siagaan Dalam Menghadapi Bencana .“ Diharapkan kedepannya BPBD Paser, Brimob dan instansi lainnya bisa lebih tanggap dan selalu siap siaga akan bencana yang terjadi di Kabupaten Tana Paser.

Hal ini dilaksanakan mengingat di wilayah hukum Polres Paser sering terjadi Laka air dan kebakaran hutan. Gelar peralatan ini sebagai ajang diseminasi informasi pada unit-unit di lingkungan BNPB, terkait dengan kekuatan peralatan yang dimiliki dalam penanggulangan bencana.  Dengan adanya kesiapan peralatan dan personel penanggulangan bencana bisa diketahui sampai sejauh mana langkah yang bisa dilakukan bila terjadi bencana. Apakah nantinya bencana yang terjadi harus mengerahkan semua peralatan dan personil atau sebagian saja.

Menurut Kasubden 3 Detasemen A Pelopor Iptu Agus Susanto, selain untuk cek peralatan siaga bencana, apel bersama juga menjadi media strategis bagi para relawan dan jajaran BPBD serta TNI – Polri untuk saling berkoordinasi, sehingga ketika harus terjun ke lapangan saat terjadi musibah, sudah paham tugas dan tempatnya masing-masing.

Kepala Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Heri Heryandi, SIK menyampaikan bahwa dalam mengantisipasi bencana yang terjadi di Kabupaten Tana Paser personil Subden 3 Detasemen A Pelopor telah membentuk posko dan unit khusus penanggulangan bencana.  “Jadi kedepannya unit yang telah dibentuk inilah yang akan bergerak lebih dahulu bila sewaktu-waktu terjadi bencana, sehinggga bencana lebih cepat ditangani dan ditanggulangi,” tambah Kombes Heri Heryandi.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password