Mengenal Lebih Dekat JNB FC, Club Sepak Bola Milik Brimob Detasemen C Pelopor

Jaya Nusa Bhakti Football Club atau sering disebut dengan JNB FC merupakan satu-satunya club sepak bola yang dimiliki Detasemen C Pelopor Satbrimob Polda Kaltim. JNB FC awalnya bernama Teratai Tarakan FC yang berdiri sejak berdirinya Kompi Brimob Tarakan pada tanggal 25 Januari 1995. Seiring dengan adanya kebutuhan organisasi di jajaran Satbrimob Polda Kaltim, pada tanggal 02 Februari 2011 Kompi Brimob Tarakan berubah menjadi Detasemen C Pelopor sesuai dengan Peraturan Kapolri nomor  22 Tahun 2010. Begitu juga dengan Teratai Tarakan FC, nama tersebut mulai ditinggalkan dan diubah menjadi Jaya Nusa Bhakti FC (JNB FC).

Sejak terbentuknya Jaya Nusa Bhakti Football Club dibawah tanggung jawab Kepala Detasemen C Pelopor, Club Sepak Bola Brimob yang bermarkas di Pasir Putih Kota Tarakan ini sering mengikuti kompetisi-kompetisi sepak bola di Provinsi Kalimantan Utara. Selain itu, JNB FC juga sering melakukan sparing bola bersama Masyarakat.

Terbentuknya tim sepak bola Detasemen C Pelopor ini diharapkan kedepannya dapat menjadi jembatan keakraban antara Brimob dengan masyarakat. Karena olahraga tersebut bersentuhan langsung dengan masyarakat, sehinggga akan terjalin hubungan baik antara masyarakat dengan aparat kepolisian.

Disebutkan, bahwa olahraga sepak bola tersebut banyak disukai dari berbagai kalangan di masyarakat, sehingga dengan adanya tim sepak bola dari Brimob Detasemen C Pelopor ini diharapkan menjadi suatu wadah yang tidak ada batasan antara masyarakat dengan Brimob polri. ketika sudah menjalin keakraban, maka masyarakat akan lebih mudah memberikan masukan-masukan kepada Brimob, bahkan juga bisa menjadi agen dari Brimob dalam rangka menjaga kamtibmas.

Kasat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. Heri Heryandi, SIK menuturkan, “bahwasanya dengan banyaknya pertandingan-pertandingan yang nantinya bersentuhan langsung kepada masyarakat itu sangat jelas akan mempererat keakraban masayarakat dengan Brimob Polri. Sehingga olahraga Sepak Bola tersebut juga mempermudah para personil Brimob dalam membaur bersama masyarakat yang ada di Wilayah Kalimantan Utara.” (ries/jnb)

 

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password